nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Solo Punya 7 Kampung Tematik yang Bisa Jadi Destinasi Wisata Menarik!

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 20:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 01 406 1866667 solo-punya-7-kampung-tematik-yang-bisa-jadi-destinasi-wisata-menarik-cOb15Watsc.jpg Ilustrasi kampung mural (Foto: Surakarta.go.id)

DEMI memajukan sektor pariwisata,Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mulai menggalakkan urban tourism untuk menghindari stagnasi obyek wisata. Telah ada Wisata Kampung dengan tema-tema unik.

Dikutip Solopos.com dari Surakarta.go.id, Kamis (1/3/2018), Dinas Pariwisata Solo telah merancang dan menggali potensi wisata baru dengan program urban tourism. Program tersebut secara sederhana bisa diartikan sebagai wisata kota atau wisata kampung.

 BACA JUGA:

Perayaan Cap Go Meh di Palembang Jadi Bukti Keberagaman Bisa Hidup Harmonis

“Kami telah mengawali program ini [urban tourism] dengan menyelenggarakan Gelar Wisata Kampung Kota. Ada susur kampung dan merekonstruksi kampung Kepatihan dan Laweyan. Intinya Dinas Pariwisata ingin menciptakan kampung yang tematik, tapi bukan hanya sekedar meniru kampung-kampung yang sudah banyak di daerah lain,” jelas Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Solo, Iis Purwaningsih, seperti dikutip Surakarta.go.id.

Iis juga menekankan dalam program ini pemkot hanya bertindak sebagai fasilitator. Masyarakat harus berlatih dan aktif menggali potensi masing-masing kampung. Dinas Pariwisata Solo telah mengundang jajaran lurah dalam rangka sosialisasi urban tourism. “Saat ini respons masyarakat mulai terlihat, beberapa kampung mulai menggali potensi yang ada di kampung mereka,” kata Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Solo, Weni Andrianto.

Viral Cincin Tunangan dalam Alpukat, Ini 6 Makanan yang Dipakai Netizen untuk Lamar Kekasihnya

Hingga awal Maret 2018, Kota Solo sudah memiliki tujuh lokasi yang bisa menjadi rujukan Kampung Wisata, kampung-kampung tersebut antara lain:

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini