Cara Afgan Menjaga Kualitas Suaranya

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 01 481 1866730 cara-afgan-menjaga-kualitas-suaranya-b9cwcwtkp1.jpg Afgan (Foto: Dok.Okezone)

MEMPERTAHANKAN eksistensi di industri musik tentu bukan hal yang mudah bagi seorang penyanyi. Meskipun sudah memiliki banyak pengalaman dan jam terbang yang lumayan tinggi, seorang penyanyi tetap harus berkembang karena industri musik terus bergulir. Hal itu diakui oleh Afgan Syahreza.

Penyanyi kelahiran 27 Mei 1989 itu mengakui jika mempertahankan karir selama 10 tahun bukanlah hal yang mudah. Terlebih ia telah melewati berbagai tren musik. Sebut saja era Melayu, boyband / girlband, penyanyi solo, hingga urban music. Afgan pun terus berusaha untuk mengikuti perkembangan agar tetap bertahan. Dirinya terus mengeksplorasi diri untuk lebih baik.

 BACA JUGA:

Wanita Menyusui Jantungnya Lebih Sehat

Selain itu, penyanyi berlesung pipi tersebut juga berusaha konsisten menjaga kualitas suaranya. Sebab suara adalah modal penting bagi penyanyi. Bila diperhatikan, Afgan memiliki suara yang khas dan tetap sama sejak awal kemunculannya. Namun tentu perubahan itu ada.

"Suara ada perubahan. Sekarang lebih nyaman untuk menyanyi, lebih tahu celah menyampaikan lagu," tutur Afgan saat ditemui dalam sebuah acara baru-baru ini di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Lantas bagaimana cara ia mempertahankan kualitas suaranya?

Afgan menuturkan jika ia rutin berolahraga paling tidak dua kali seminggu. Sebagaimana diketahui, olahraga memiliki dampak positif karena bisa membuat napas menjadi lebih panjang. Bagi penyanyi, teknik pernapasan adalah sesuatu yang penting untuk dikuasai karena membantunya mengontrol nada dan mencapai nada-nada tinggi.

Tak hanya olahraga, pria berkacamata itu juga rutin meminum madu sebelum bernyanyi. "Saya minum madu manuka. Terus minum teh jahe juga, itu penting untuk menjaga kualitas suara," tambah Afgan.

 BACA JUGA:

Tak Hanya Ancaman Penjara, Konsumsi Narkoba Bisa Bikin Gangguan Jiwa

Sementara itu, untuk menandai sepuluh tahun karirnya, Afgan mengeluarkan album berjudul Dekade. Ia pun memiliki keinginan untuk mengadakan konser di tahun ini.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini