Share

Ingin Hilangkan Kutu di Rambut dan Tubuh? Simak Cara Perawatannya!

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 04 Maret 2018 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 194 1867309 ingin-hilangkan-kutu-di-rambut-dan-tubuh-simak-cara-perawatannya-4YUt5dSyjg.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

MEMILIKI kutu di tubuh tentu bukan hal yang diinginkan oleh siapapun. Sebab hewan kecil yang hampir tidak kelihatan itu bisa menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Kutu tidak selalu berada di kepala, melainkan juga bisa di tubuh.

Kutu di kepala biasanya terjadi pada anak kecil namun bisa juga pada orang dewasa. Sebab kutu dapat menyebar melalui kontak secara langsung. Sedangkan kutu di tubuh biasanya berasal dari kain yang tertempel ke tubuh. Entah itu dari baju, seprai, atau selimut. Kutu tertempel di kain sehingga bisa menggigit tubuh.

Rasa gatal tentu menimbulkan rasa tidak nyaman. Maka tak heran bila seseorang yang memiliki kutu mengupayakan beragam cara guna menghilangkannya. Melansir dari berbagai sumber, Minggu (4/3/2018), perawatan keduanya berbeda.

Untuk menghilangkan kutu di kepala, cara yang bisa dilakukan adalah dengan perawatan non-pestisida atau semprotan perlindungan yang terbukti secara klinis. Rambut yang berkutu bisa disemprot menggunakan obat yang mengandung dimeticone atau octanadiol. Cara pemakaian obat sama seperti hendak keramas namun didiamkan untuk beberapa saat. Obat tersebut efektif membunuh kutu tanpa menyebabkan keracunan pada tubuh.

 (Baca Juga: Luhut Pandjaitan Kagum dengan Kesiapan Banyuwangi Jadi Destinasi Wisata Unggulan)

Cara penggunaan obat harus mengikuti petunjuk yang ada dan cukup satu kali. Obat bisa digunakan kembali seminggu setelahnya. Namun pastikan apakah masih ada telur kutu atau kutu yang tertinggal. Sebab bila tidak ada, tidak usah digunakan kembali.

Satu hal yang perlu diingat, kutu di kepala harus segera mendapatkan perawatan atau pembersihan karena bila dibiarkan bisa menyebabkan impetigo yaitu infeksi kulit kepala yang sangat menular dan menyebabkan luka merah.

Sementara itu, cara yang digunakan untuk melakukan perawatan kutu di tubuh adalah membersihkan diri atau menggunakan lotion tertentu yang telah diresepkan oleh dokter. Kutu bisa mati dengan sendirinya. Selanjutnya jangan lupa untuk mencuci barang-barang yang terkontaminasi kutu.

Gunakanlah sabun khusus dan air panas untuk mematikan kutu. Bisa juga dengan cara dry cleaning dan menyetrika pakaian dalam suhu tinggi. Diamkan barang-barang yang terkontaminasi dalam suhu panas paling tidak selama 20 menit.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini