Orangtua Dukung Anak untuk Kembangkan Bakatnya, Biarkan Ia Jadi "Bintang"

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 02 Maret 2018 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 196 1867245 orangtua-dukung-anak-untuk-kembangkan-bakatnya-biarkan-ia-jadi-bintang-fblwqanb37.jpg Biarkan anak menjadi bintang (Foto:Newsik)

SEJAK kecil setiap anak punya impian tersendiri, misalnya ingin menjadi bintang sesuai bakatnya masing-masing. Orangtua harus peka dan mendukung impian itu.

Jangan halangi mereka untuk mengekspresikan bakatnya yang dimulai dari usia dua tahun. Namun terkadang, orangtua mengabaikan bakat anaknya karena dianggap masih kecil dan belum menemukan jati diri.

Maka itu, orangtua disarankan untuk memfasilitasi anak agar bisa mengembangkan potensi bakat mereka. Kalau tidak, impian anak tidak terwujud atau bahkan mengalami hambatan karena tidak tahu bagaimana cara mengembangkannya.

BACA JUGA:

Si Kecil Hanya Duduk di Stroller saat Jalan-Jalan di Mal, Ini Dampak Buruknya

Psikolog Anak dan Keluarga, Roslina Verauli MPsi mengatakan, seorang bayi mungil terlahir dengan dibekali bakat bermacam-macam oleh Sang Pencipta. Tak heran, dalam tumbuh kembangnya, anak punya ketertarikan tersendiri, apalagi bakatnya itu harus dikembangkan.

"Sejak kecil, anak-anak sudah punya banyak impian. Ada kekuatan bakat yang harus dikembangkan, sehingga orangtua harus menguak rahasia impian anaknya itu," kata Vera saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Vera bahkan percaya dengan teori Carl Roger, yakni setiap individu sejak dari lahir punya dorongan untuk mengembangkan potensi diri. Dia menyarankan agar orangtua membantu mengembangkan mimpi-mimpi yang dimiliki anak.

Setiap anak, tambahnya, punya berbagai potensi bakat yang sebenarnya mudah dikembangkan. Misalnya di bidang seni musik dan tari, sains, menulis, hingga bakat lainnya yang berkualitas.

Terlebih pada anak-anak yang masuk ke dalam generasi alfa, yang mana mereka terlahir dan besar di era digital. Dengan cepat mereka menyerap informasi lewat dunia maya.

Mereka dianjurkan untuk memiliki keterampilan dan keahlian yang spesifik. Caranya dengan mengikuti berbagai kegiatan positif, seperti ajang kompetisi sejak kecil.

 BACA JUGA:

Perkenalkan Susan Finkbeiner, Ilmuwan Cantik Sekaligus Model Catwalk Fashion Week

"Anak-anak akan memperoleh perubahan positif dari lingkungannya, untuk membangun kepercayaan diri mereka atas kemampuannya dan menjadi bintang di masa depan,” ujarnya.

Agar mereka mudah mengembangkan bakatnya, orangtua tidak perlu ragu dan takut. Semakin cepat bakatnya dipacu, anak bisa jadi gampang semangat dan mewujudkan impiannya.

"Bantu anak untuk punya mimpi, jangan takut. Karena impian tersebut punya kekuatan," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini