nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Reptil yang Digendong The Real Tarzan Bukan Komodo

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 02 Maret 2018 14:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 02 406 1866995 reptil-yang-digendong-the-real-tarzan-bukan-komodo-8k6fXj2a5S.jpg The real tarzan (Foto: Instagram)

EMPAT hari lalu viral video seorang pria berjaket warna kuning yang menggendong reptil mirip komodo. Akun populer bernama 9GAG di instagram mengunggah ulang video dan membagikannya pada netizen hingga jadi buah bibir.

Reptil berwarna hitam yang digendong oleh pemilik akun instagram bernama @therealtarzann tersebut sekilas mirip dengan komodo dan banyak yang menganggap demikian. Namun, setelah ditelusuri reptil yang digendong itu hanya mirip komodo saja, karena bentuknya yang bersisik, menjulurkan lidah, dan sekilas nampak mirip.

Dalam video yang berjalan sekira satu menit itu, pria yang kemudian diketahui bernama Mikey Holston menyebutkan gambaran fisik reptil yang digendongnya. Pria ini menjelaskan berat reptil bisa mencapai 90 kilogram, panjangnya 2,4 meter, dan memiliki badan yang indah.

Namun, menurut deskripsi tentang komodo di laman Quora ukuran rata-rata komodo jantan memang 8-9 kaki atau yang setara dengan 2,7 meter, dengan berat sekira 200 lbs atau 90 kilogram, persis seperti jenis kadal yang digendong Mikey. Tapi, komodo memiliki warna tubuh biru, oranye, hijau dan abu-abu, tidak hitam pekat seperti kadal besar yang digendong Mikey.

 

Selain itu, kulit komodo juga kasar, memiliki osteodermata, cakar panjang dan ekor besar yang berotot. Komodo juga memiliki penglihatan yang tajam, dikejauhan 300 meter mereka bisa melihat mangsanya, dan bisa langsung berlari secepat kilat 13 mph. Bisa dikatakan komodo merupakan reptil yang agresif dan mahir memburu mangsa.

Indera penciuman mereka juga sangat tajam, komodo menggunakan lidahnya yang bercabang untuk merasakan udara lalu menganalisis mangsanya. Sehingga ketika melihat komodo maka akan nampak sesekali mereka menjulurkan lidahnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga mengatakan reptil yang digendong itu bukanlah komodo. Melalui update singkat di akun instagram @kementerianlhk dikatakan kadal besar itu bukan komodo, karena ciri komodo salah satunya memiliki warna lidah merah muda pucat. Sementara, dalam video singkat yang disebarluaskan 9GAG, lidah reptil tersebut berwarna kehitaman, karena merupakan jenis kadal besar black dragon dari Thailand.

Sekilas memang si black dragon mirip dengan komodonya Indonesia, tapi kalau dilihat secara seksama keduanya berbeda, apalagi komodo memiliki liur yang beracun. Netizen langsung percaya reptil yang digendong The Real Tarzan itu adalah komodo karena keterangan yang ditulis juga penjelasannya yang disebutkannya.

Dua hari lalu Mikey kembali mengunggah video di instagramnya @therealtarzann. Dalam video tersebut, si black dragon kembali dihadirkan, tapi lebih menampilkan detil fisik kulit dan warna lidahnya lebih jelas, yaitu merah kehitaman, hingga cukup jelas perbedaan antara komodo dan black dragon. Di video itu juga terlihat si raja hutan mengelupas kulit ari black dragon yang memiliki nama latin varanus salvator.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini