nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Rabies, 796 Kasus Gigitan Anjing Tercatat di Minahasa

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 02 Maret 2018 08:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 02 481 1866859 bahaya-rabies-796-kasus-gigitan-anjing-tercatat-di-minahasa-KMmHGc0Ijh.jpg Ilustrasi

MINAHASA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara mencatat 796 kasus gigitan anjing terjadi sepanjang tiga tahun terakhir di kabupaten tersebut.

"Data tersebut merupakan merupakan laporan dari seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara," kata Kepala Dinas Kesehatan Helni Ratuliu di Ratahan, Jumat (2/3/2018).

Dari ratusan kasus gigitan anjing tersebut, ada tiga kasus yang berakibat pada kematian karena terinfeksi rabies.

Helni mengatakan penanganan yang diberikan oleh Puskesmas di seluruh kecamatan yakni penyuntikan kepada pasien korban gigitan.

"Tahapan yang kami lakukan observasi selama 14 hari. Jika anjing tersebut mati, korban gigitan akan disuntik," jelasnya.

Selain itu, menurut Helni jika terjadi gigitan anjing dibagian wajah, pasien akan langsung diberikan karena berada dekat dengan pusat saraf.

"Pastinya jika ada kasus gigitan maka kami akan langsung melakukan penanganan sesuai prosedur medis yang berlaku," katanya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini