Idap Penyakit Misterius, Gadis Ini Hidup seperti Vampir Hanya Bisa Keluar Malam Hari

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 02 Maret 2018 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 481 1866903 idap-penyakit-misterius-gadis-ini-hidup-seperti-vampir-hanya-bisa-keluar-malam-hari-4mrwhddW6y.jpg Lizzie Tenney (Foto: Dailymail)

SELAMA ini vampir hanya ada dicerita-cerita fiksi saja. Makhluk yang digambarkan takut dengan cahaya matahari itu hanya berani berkeliaran saat malam hari dan cenderung menghindari sinar matahari.

Namun, di kehidupan nyata juga ada seseorang yang hampir menyerupai vampir karena menderita penyakit tertentu. Melansir dari Daily Mail, Jumat (2/3/2018), seorang wanita muda menderita penyakit yang bisa membuat kulitnya melepuh jika dia terkena sinar matahari di siang hari.

Namanya Lizzie Tenney, wanita berusia 22 tahun ini mengalami xeroderma pigmentosum. Penyakit yang membuat seseorang tidak bisa terpapar sinar matahari sedikit pun, karena jika hal tersebut terjadi ia harus menjalankan operasi kulit sebanyak 43 kali.

Keadaan ini terjadi sejak Lizzie masih bayi, namun tim dokter baru mengidentifikasi keadaan tersebut saat Lizzie menginjak usia 12 tahun. Saat itu Lizzie mengalami luka seperti terbakar di kulitnya, lalu segera memeriksa kan diri ke dokter, dan ternyata Lizzie kecil mengidap xeroderma pigmentosum.

Lizzie kemudian harus selalu mengenakan topi setiap kali keluar rumah atau ruangan, menggunakan krim tabir surya khusus meskipun bepergian dengan menggunakan mobil. Saat bertemu dengan Lizzie pun Anda akan melihat penampilan yang tidak biasa, karena dia juga mengenakan seperti bahan plastik untuk melindungi wajahnya dari cahaya matahari langsung.

“Ketika saya berada di depan umum, saya pasti mendapati seseorang yang bertanya soal penampilan saya, ‘apakah kamu seorang peternak lebah?’ Atau ‘mengapa kamu harus memakai semua itu?’,” ucap Lizzie.

Gadis yang juga seorang mahasiswi salah satu universitas di Utah itu mengatakan, dia tetap mempertahankan semangat hidupnya bersama teman-temannya yang selalu mendukung. Lizzie pun ingin menginspirasi penderita lain agar selalu menjalani kehidupan dengan semangat.

“Ketika saya berada di bawah sinar matahari selama lima menit saja, maka kulit saya akan terbakar dan tersengat. Untuk itu, saya harus selalu melindungi kulit saya dengan memakai semua pakaian pelindung ini, bahkan ketika langit mendung sekalipun,” jelas Lizzie.

Gadis tersebut pun juga harus memakai sarung tangan, pakaian lengan panjang, dan celana panjang. Selain itu, pada jendela rumah dan mobil, keluarga Lizzie juga melapisi kacanya dengan film pelindung khusus, agar cahaya matahari tidak langsung menembus.

“Saya lebih suka malam. Bagi saya malah hari adalah siang dan saya lebih merasa bahagia saat malam hari, karena bisa dengan bebas keluar rumah seperti orang normal,” ungkapnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini