Rutin Konsumsi Almond Tingkatkan Harapan Hidup Penderita Kanker Usus Besar

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 03 Maret 2018 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 03 481 1867455 rutin-konsumsi-almond-tingkatkan-harapan-hidup-penderita-kanker-usus-besar-PukJPjdpcE.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

NGEMIL kacang-kacangan bisa meningkatkan kesehatan, termasuk bagi penderita kanker usus besar. Menurut sebuah studi, penderita kanker usus besar yang teratur mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, kenari, hazelnut dan mete berisiko lebih rendah mengalami kekambuhan kanker dan kematian.

Temuan menunjukkan, mereka yang rutin mengonsumsi setidaknya 2 atau 1 ons kacang setiap minggu mengalami peningkatan ketahanan hidup bebas penyakit sebesar 42 persen. Mereka juga mengalami peningkatan 57 persen dalam kelangsungan hidup secara keseluruhan. Sedangkan, pada pasien kanker usus besar stadium III, tingkat kekambuhan berkurang hampir seetengahnya.

"Temuan ini sesuai dengan beberapa penelitian observasional lainnya yang menunjukkan ada banyak perliaku sehat, termasuk peningkatan aktivitas fisik, menjaga berat badan, dan menurunkan asupan gula dan minuman manis, memperbaiki hasil kanker usus besar," kata pemimpin studi, Temidayo Fadelu mahasiswa dari Dana-Farber Cancer Institute di Boston yang dikutip Zeenews, Sabtu (3/3/2018).

"Hasil ini menyoroti pentingnya menekankan faktor diet dan gaya hidup pada pasien kanker usus besar," tambahnya.

Baca Juga: Ingin Kulit Terlihat Awet Muda dan Bercahaya? Yuk Bikin Air Mawar di Rumah

Studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical Oncology ini diikuti 826 peserta dalam uji klinis selama rata-rata 6,5 tahun setelah mereka diobati dengan operasi dan kemoterapi. Pasien mungkin tidak makan kacang karena kekhawatiran kandungan lemak tinggi dan dampaknya diyakini menyebabkan obesitas.

"Sebaliknya, penelitian kami dan seluruh literatur ilmiah pada umumnya, telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kacang biasanya lebih kurus," jelas Charles S Fuchs, Direktur Yale Cancer Center di Amerika Serikat.

Baca Juga: Bikin Haru, Calon Pengantin Wanita Arab Sumbangkan Mas Kawinnya untuk Menyelamatkan Nyawa Pria

Banyak penelitian sebelumnya telah melaporkan bahwa kacang-kacangan juga membantu mengurangi resistensi insulin. "Studi ini mendukung hipotesis bahwa perilaku yang membuat Anda kurang tahan insulin adalah mengonsumsi kacang-kacangan, tampaknya memperbaiki hasil pada kanker usus besar," tutur Fuchs.

Kacang juga bisa memainkan peran positif dengan memuaskan rasa lapar. Karena kacang rendah karbohidrat atau makanan lain yang terkait dengan hasil yang buruk.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini