Alasan Ibu Hamil Harus Lebih Banyak Makan Bayam

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 03 Maret 2018 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 03 481 1867469 alasan-ibu-hamil-harus-lebih-banyak-makan-bayam-MlylJzkpgD.jpg Ilustrasi (Foto: Lifealth)

KEHAMILAN membutuhkan kebiasaan dan diet sehat. Sebagai ibu hamil, mungkin Anda khawatir dengan gizi dan pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Dalam perspektif ini, kami ingin mengatakan bahwa tidak ada yang lebih baik daripada bayam untuk kesehatan selama hamil. Jika ibu hamil makan bayam, maka akan sangat baik bagi kehamilannya.

Rutin mengonsumsi bayam selama kehamilan akan menjaga kesehatan ibu hamil. Berikut pentingnya konsumsi bayam selama kehamilan yang dilansir dari laman Lifealth, Sabtu (3/3/2018):

Menyediakan banyak zat besi dan mencegah anemia

Perempuan kebanyakan menderita anemia selama kehamilan. Tapi, bayi Anda membutuhkan zat besi untuk tumbuh lebih baik. Jadi, alih-alih mengonsumsi suplemen zat besi, konsumsi bayam rutin akan lebih aman untuk kehamilan. Selainz zat besi, konsumsi bayam akan memberi Anda asam folat yang bermanfaat dalam mengurangi risiko anemia.

Membantu perkembangan paru-paru bayi

Anda mungkin tidak tahu bayam mengandung banyak beta-karoten. Komponen ini membantu bayi yang belum lahir untuk mengembangkan paru-parunya. Beta-karoten biasanya berubah menjadi vitamin A, sehingga membantu pertumbuhan bayi dalam kandungan. Selain itu, vitamin A juga bisa membantu perkembangan otak bayi.

Mencegah cacat lahir

Bayam mencegah cacar lahir karena memiliki banyak zat besi, folat dan asam folat. Nutrisi tersebut melindungi bayi di dalam rahim dengan membantunya tetap kuat. Itu sebabnya rutin mengonsumsi bayam selama kehamilan mencegah cacat lahir, misalnya bibir sumbing.

Bayam mencegah sembelit

Jika seorang ibu hamil secara teratur makan bayam, maka dia akan terhindar dari sembelit atau masalah pencernaan lainnya. Sembelit sangat sering dialami ibu hamil karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Di sisi lain, bayam memiliki serat larut yang membantu dalam mengurangi pergerakan usus dan memberikan kelegaan dari sembelit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini