nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suriname Food, Kuliner Amsterdam Bercita Rasa Indonesia Banget!

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 05 Maret 2018 08:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 04 298 1867824 suriname-food-kuliner-amsterdam-bercita-rasa-indonesia-banget-7L4grDWupk.jpg (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

ADA banyak pilihan makanan saat traveling ke Amsterdam, Belanda. Mulai dari menu Barat sampai Asia dan Arab.

Uniknya, di ibu kota Belanda ini banyak terdapat restoran dan kedai makanan Suriname. Harganya terjangkau serta mirip dengan cita rasa masakan Indonesia.

Masakan Suriname jarang ditemukan, mungkin hanya bisa ditemukan di Belanda selain di negaranya sendiri. Hal ini karena Suriname dulunya merupakan koloni Belanda pada masa penjajahan Eropa. Masakan Suriname sangat unik karena merupakan campuran dari masakan Jawa, Tionghoa, India, dan Afrika.

Hal ini salah satunya karena Belanda mengirim para tenaga kerja dari Jawa untuk bekerja di perkebunan di Suriname hingga akhirnya 14 persen penduduk Suriname merupakan orang Jawa. Tak heran bila banyak restoran Suriname di Amsterdam yang bertuliskan masakan Suriname-Indonesia.

Salah satu area yang banyak memiliki restoran atau kedai makanan Suriname berada di Chinatown Amsterdam. Berbeda dengan restoran Indonesia yang pengunjungnya bisa duduk, kedai Suriname biasanya berukuran kecil dan lebih untuk pesan dibawa pulang. Bisa juga makan ditempat meski luasnya terbatas.

Pilihan makanannya sendiri beragam mulai dari sayuran seperti cah brokoli, cah kacang panjang, nasi putih, ayam asam manis, bebek panggang dan roti. Mirip prasmanan Indonesia kan?

(Baca Juga: 46 Spesies Baru Ditemukan di Hutan Tropis Suriname)

Seporsi nasi, sayur dan ayam asam manis dihargai 6 euro atau sekitar Rp101.500,00. Dari segi harga sendiri makanan Suriname lebih terjangkau dari makanan Indonesia yang biasanya dihargai mulai dari 9 euro atau Rp152.000,00 per menu.

(Baca Juga: Melihat Jejak Telapak Kaki Pertama Nabi Adam di Srilanka)

Sebuah restoran Suriname-Chinese food lainnya yang selalu laris dikunjungi turis adalah Kam Yin yang berada di Warmoesstraat. Kam Yin patut dikunjungi bila sedang kangen masakan Chinese.

(Baca Juga: Keturunan Jawa Aktif dalam Politik Suriname)

Bebek gorengnya sangat nikmat disantap dan porsinya pun cukup besar. Bebek dijual dengan harga 10 euro atau seharga Rp170.000,00 sementara sepiring nasi putih seharga 3 euro atau Rp. 50.700,00.

(Baca Juga: Fakta Unik Suriname, Saudara Jauh Suku Jawa di Amerika Tengah)

Di dekat De Pijp's Albert Cuyp Market juga ada sebuah restoran Jawa - Suriname bernama Warung Spang Makandra.

Pilihan makanannya pun serasa Indonesia banget karena terdiri dari nasi, daging rendang, sayuran, tempe dan kerupuk. Hmm cocok banget untuk makan siang di Amsterdam !

Makanan Suriname lainnya juga mirip dengan makanan Indonesia. Seperti sate yang bisa dicoba di restoran Swieti Sranang atau gado-gado di restoran Albina.

Sementara itu snack Suriname yang enak diantaranya adalah Bakabana, yaitu pisang goreng yang dicelupkan ke dalam saus kacang.