Stroopwafel, Makanan Sekaligus Oleh-Oleh Khas Belanda

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 05 Maret 2018 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 04 298 1867837 stroopwafel-makanan-sekaligus-oleh-oleh-khas-belanda-NHI8nu72n1.jpg (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

DI ANTARA bermacam kuliner khas Belanda, mungkin stroopwafel yang paling terkenal. Wafel manis ini mudah ditemukan di kios pinggir jalan serta supermarket. Rasanya yang nikmat serta dikemas praktis membuat stroopwafel sering dijadikan oleh-oleh setelah liburan ke Belanda.

Bila Belgia terkenal dengan wafelnya, Belanda juga memiliki versi wafel sendiri. Berbeda dengan wafel Belgia yang tebal dan empuk, wafel Belanda atau stroopwafel lebih kering dan tipis serta rasanya sangat manis.

Stroopwafel mudah ditemukan di berbagai sudut Amsterdam. Mulai dari kedai kaki lima, rumah makan hingga supermarket. Kedai kaki lima yang menjual stroopwafel di antaranya berada di sekitar Amsterdam Centraal Station dan Albert Cuypmarkt. Stroopwafelnya besar serta manis karena diberi toping saus karamel atau cokelat.

Sementara stroopwafel yang dijual di supermarket berukuran lebih kecil seperti wafel pada umumnya. Stroopwafelnya pun terasa sangat manis karena dilapisi sirup rasa karamel diantara lapisannya.

Stroopwafel inilah yang cocok diburu sebagai oleh-oleh. Sebungkus stroopwafel di supermarket Albert Heijn harganya mulai dari 1,2 euro atau sekitar Rp20.300,00.

Stroopwafel cocok disantap saat sarapan karena mengandung banyak gula yang memang diperlukan tubuh untuk memulai aktivitas.

Biasanya stroopwafel diletakkan di atas cangkir kopi atau teh panas untuk membuat permukaan wafelnya melunak serta gulanya mencair. Setelah itu tinggal dinikmati bersama kopi atau teh deh.

(Baca Juga: Melihat Jejak Telapak Kaki Pertama Nabi Adam di Srilanka)

Stroopwafel menjadi populer di Belanda sejak dibuat pertama kali di kota Gouda pada akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19. Awalnya strolpwafel dibuat oleh seorang pembuat roti dengan menggunakan remah-remah.

(Baca Juga: Macam-Macam Buah Tangan dari Belanda)

Stroopwafel dibuat dari adonan berisi tepung, mentega, telur, susu, gula dan kayu manis yang dicetak dengan cetakan wafel dan diberi sirup rasa karamel diantara lapisan wafel.

Setelah booming dan disukai di seantero Belanda, kota Gouda dikenal sebagai sentra pembuat stroopwafel. Di sini terdapat 17 pabrik pembuat stroopwafel. Bila ingin membeli stroopwafel sebagai oleh-oleh, cobalah mencarinya di supermarket Albert Heijn, Herma dan segala toko oleh-oleh khas Belanda.

(Baca Juga: Lima Waffle Lezat Bercita Rasa Manis & Gurih)