nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapkan Bacem Ayam Tahu dan Telur khas Yogyakarta agar Tak Malas Sarapan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 04:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 05 298 1868291 siapkan-bacem-ayam-tahu-dan-telur-khas-yogyakarta-agar-tak-malas-sarapan-o3PUt9EOVm.jpg Ayam bacem (Foto: Isnasutanto)

SAAT sarapan pasti Anda ingin membuat masakan sederhana dan butuh waktu cepat. Juga, citarasanya tidak pedas karena mencegah sakit perut.

Apalagi kalau Anda orang Yogyakarta yang kangen ingin sarapan masakan ibu. tahu bacem, dengan telur dan ayamnya bisa jadi menu pilihan yang cocok disantap untuk sarapan. Kalau pintar masak gudeg, bisa juga ditambahkan untuk lauk makan.

Sebelum berangkat ke kantor, para ibu bisa menyiapkan masakan ini untuk keluarga di rumah. Membuatnya juga tidak rumit, karena bumbu yang harus disediakan pasti ada di rumah.

Dari suami dan anak-anak pasti suka dengan masakan ini. Ditambah makannya pakai nasi putih atau nasi merah yang hangat. Pasti sekali masak, lauk baceman bisa habis. Syukur-syukur masaklah porsi lebih agar bisa dibawa untuk bekal.

Lebih mantap ditambah sayuran, seperti tumis labu atau tumis kacang panjang. Kalau suka pedas, tambahkan sambal sebagai pembangkit nafsu makan. Dijamin selera untu sarapan jadi tambah dan saying jika ingin melewatkannya.

Daripada penasaran dengan resepnya, berikut adalah bahan dan bumbu yang harus dipersiapkan. Simak ulasannya, dilansir dari Buku Masakan dan Jajanan Favorit, Selasa (6/3/2018).

Bahan:

- 1 ekor ayam kampung

- telur rebus, jumlahnya sesuai anggota keluarga

- tahu sesuai selera

- 1 gelas air kelapa murni

Bumbu yang dihaluskan:

- 8 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 1 sdt ketumbar

- 2 butir kemiri

- gula merah

- garam

Cara membuat:

1. Bersihkan ayam, cuci dulu dan potong sesuai selera.

2. Campurkan bumbu halus dengan air kelapa dan sedikit air matang, didihkan.

3. Masukkan semua bahan dan bumbu, biarkan sampai mendidih dan empuk.

4. Sebaiknya untuk ayam dimasak tersendiri, karena lamanya masak berbeda waktunya. Apalagi ayam kampung, masaknya lebih lama jika ingin benar-benar empuk.

5. Jika sudah matang semua, hidangkan di piring dan sediakan lauk lain sebagai pelengkap. Jangan lupa nasinya juga ya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini