Tips Mengurangi Beratnya Tekanan Kerja

Agregasi Cermati.com, Jurnalis · Senin 05 Maret 2018 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 05 481 1868035 tips-mengurangi-beratnya-tekanan-kerja-OEwf7D7bIH.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Tekanan kerja pasti dialami semua orang. Hanya tingkat tekanan kerjanya berbeda-beda. Ada yang levelnya rendah, sedang, ataupun tinggi. Menumpuknya pekerjaan di kantor menjadi penyebab utama peningkatan tekanan kerja. Bagaimana tidak? Tugas yang datangnya bertubi-tubi membuat Anda kebingungan untuk menetapkan prioritas dalam menyelesaikan tugas.

Tekanan kerja yang tidak segera diatasi dapat menimbulkan stres. Kondisi ini tentu akan sangat merugikan diri sendiri. Apabila Anda merasa tekanan kerja begitu berat, lakukan tips-tips ini untuk mengurangi tekanan kerja.

1. Tarik Nafas Panjang

Tekanan kerja akibat menumpuknya tugas kantor itu sangat wajar. Kondisi ini akan membuat Anda panik, ceroboh, bahkan stres. Namun, jangan biarkan kondisi ini berlangsung terlalu lama. Tariklah nafas panjang agar diri Anda merasa sedikit lebih rileks. Lakukan secara berulang-ulang sampai Anda merasa tenang.

Setelah tenang, coba lihat kembali daftar tugas yang harus Anda kerjakan. Mulailah dari tugas yang ringan terlebih dahulu. Ingat, tidak perlu terburu-buru dalam menyelesaikan tugas. Selagi deadline masih panjang, selesaikan tugas secara bertahap sehingga hasilnya pun lebih maksimal.

2. Rencanakan Aktivitas

Waktu rata-rata para pekerja di Indonesia ialah 8 jam per hari. Gunakan waktu 8 jam tersebut untuk bekerja secara maksimal. Caranya dengan menetapkan perencanaan terkait aktivitas yang harus Anda lakukan dalam satu hari.

Sisihkan waktu Anda di pagi hari untuk menetapkan rencana aktivitas harian. Catat tugas apa yang harus diselesaikan dan tugas baru seperti apa yang akan datang dari bos. Dengan perencanaan ini, Anda dapat menentukan prioritas tugas yang harus diselesaikan. Dengan begitu, semua tugas yang diberikan dapat selesai sesuai dengan deadline yang telah ditentukan.

3. Berpikir Positif

Tekanan kerja dapat terasa karena Anda terlalu stres untuk memikirkan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Beban tugas yang menumpuk juga membuat Anda berpikir negatif pada diri sendiri. Anda sering merasa tidak sanggup untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Bagaimana mungkin jawaban “tidak sanggup” Anda lontarkan sebelum mencobanya?

Pikiran negatif yang melayang-layang dalam kepala cukup menyita waktu. Cobalah untuk berpikir positif terhadap diri sendiri. Motivasi diri Anda selama bekerja sehingga semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Gunakan daftar prioritas tugas untuk membantu Anda saat bekerja. Ketika Anda merasa panik, tarik nafas panjang agar pikiran lebih tenang dan rileks.

4. Diskusikan dengan Rekan Kerja

Tugas kantor memang menjadi tanggung jawab pribadi. Namun, ini tidak berlaku untuk masalah yang berhubungan dengan tugas kantor. Apabila Anda mengalami kesulitan saat bekerja, diskusikan dengan rekan kerja. Diskusi tersebut akan membuahkan hasil positif karena masukan yang diberikan dapat Anda terapkan untuk mengambil keputusan saat bekerja.

Tidak dapat dimungkiri, rasa enggan sering kali muncul ketika meminta bantuan orang lain. Namun, jangan berpikiran negatif sebelum mencobanya ya. Jika Anda meminta bantuan dengan sopan, rekan kerja akan dengan senang hati untuk menolong. Alhasil, beban kerja sedikit berkurang, Anda pun dapat bernapas dengan lega.

5. Sediakan Waktu untuk Diri Sendiri

Tingkat kewalahan yang terlalu tinggi akan membuat Anda merasa takut terhadap kantor sendiri. Suasana kantor yang sunyi senyap bagaikan neraka yang panas di mana Anda harus keluar dari panasnya api tersebut. Apabila Anda merasa muak dengan rutinitas di kantor, sisihkan waktu untuk diri sendiri. Pergilah keluar kantor untuk menghirup udara segar.

Sisihkan waktu setidaknya satu jam setiap hari untuk menghindar dari rutinitas kantor. Gunakan waktu istirahat yang diberikan perusahaan sebaik mungkin untuk relaksasi. Dengan begitu, Anda dapat melanjutkan tugas kantor dengan baik setelah jam istirahat berakhir.

Bekerjalah Lebih Efisien

Tekanan kerja memang akan terjadi pada setiap pekerja. Namun, Anda dapat mengatasi tekanan kerja tersebut dengan tips di atas. Lakukan dari tips ke tips secara bertahap untuk menyingkirkan tekanan kerja. Dengan begitu, Anda dapat bekerja lebih efisien tanpa dihantui rasa panik dan stres dalam menyelesaikan tugas kantor.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini