nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Berlatih Tinju, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 05 Maret 2018 16:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 05 481 1868125 presiden-jokowi-berlatih-tinju-ini-manfaatnya-bagi-kesehatan-pr8xuXRy4M.jpg Presiden Jokowi berlatih tinju (Foto: JKWVLOG/Youtube)

SETIAP aktivitas yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo selalu menarik perhatian masyarakat dan menjadi bahan perbincangan. Baru-baru ini, presiden ketujuh Republik Indonesia itu mengunggah video di channel YouTube pribadinya yang memperlihatkan ia berlatih tinju.

Dalam video berdurasi 2 menit itu, Presiden Jokowi membagikan ceritanya berlatih tinju. “Biasanya kalau pas waktu luang saya latihan panahan, kemudian jogging, dan hari ini saya akan memulai latihan tinju,” ujarnya sambil bersemangat seperti yang dikutip Okezone, Senin (5/3/2018). Suami Iriana Joko Widodo itu berlatih tinju dengan ditemani seorang pelatih dari Pertina Bogor yaitu Abed,

Tak lupa Presiden Jokowi mengungkapkan perasaannya ketika berlatih tinju. “Main tinju itu, aduh, berat. Berat, berat, berat. Cepet capek dan memerlukan sebuah ketahanan fisik yang tinggi sekali,” ucapnya. Walau begitu, ia mengatakan tinju adalah olahraga yang seru dan ia akan terus berlatih bersama pelatihnya.

Sementara itu, pelatihnya pun memberikan komentar terhadap latihan tersebut. “Ya, kalau berlatih tinju Bapak cukup cepat, cukup bisa. Semua gerakan gampang,” ungkap Abed yang ditimpali oleh Presiden Jokowi, “Ya karena pelatihnya sangat bagus.” Video juga memperlihatkan sesi di mana pria kelahiran 21 Juni 1961 itu beradu tinju dengan salah seorang ajudan bernama Teddy.

Di akhir video, Presiden Jokowi berpesan selain kekuatan fisik, tinju juga memerlukan banyak konsentrasi pikiran. “Rajinlah berolahraga agar badan dan pikiran selalu segar,” tulisnya. Sementara itu, melansir Livestrong, ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari olahraga tinju.

Tinju adalah olahraga yang paling banyak menuntut gerakan fisik di paru-paru, jantung dan otot. Olahraga ini memungkinkan orang yang berlatih memiliki harapan hidup lebih lama, tingkat stres yang lebih rendah, serta lebih berotot. Tinju merupakan olahraga aerobik yang minim istirahat untuk benar-benar menarik napas. Namun ketika melakukan beberapa pukulan yang membuat tubuh terengah-engah, tinju dapat membangun sistem kardiovaskular dari waktu ke waktu.

Semakin baik bentuk jantung dan paru-paru, maka tubuh akan semakin sehat. Hal itu tentu dapat meningkatkan angka harapan hidup karena paru-paru dan jantung akan lebih kuat dan lebih baik untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Manfaat lain yang didapatkan adalah orang akan lebih mudah pulih dari stres karena melampiaskannya dengan pukulan, melakukan aktivitas fisik yang lebih cepat, tidur lebih nyenyak, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Sementara itu, seperti pada olahraga pada umumnya, tinju dapat membantu mengontrol berat badan karena intensitasnya berat. Saat berlatih tinju, seseorang akan membakar sekira 30 kalori per menit. Dengan kata lain, latihan tinju yang intens selama 30 menit dapat membakar energi hingga 900 kalori. Kontrol yang baik dalam jumlah lemak di tubuh akan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan nyeri sendi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini