Lakukan Ini jika Usia 18 Bulan Bayi Belum Bisa Berjalan

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 05 481 1868285 lakukan-ini-jika-usia-18-bulan-bayi-belum-bisa-berjalan-omBFsuQE2L.jpg Ilustrasi (Foto: Baby Essentials Center)

PENCAPAIAN dalam proses tumbuh kembang anak yang pertama kali membuat orangtua terkejut adalah ketika bayi bisa mengucapkan satu kata yang bermakna. Kemudian berkembang menjadi celotehan-celotehan lucu yang menggemaskan.

Namun, dalam tahap belajar bicara, anak-anak juga belajar berproses untuk bisa berjalan. Melangkahkan kaki satu demi satu sambil ditatah hingga kemudian bisa berjalan. Mengutip dari Popsugar, Selasa (6/3/2018), usia ketika si kecil pertama kali melangkah tidak ditentukan waktunya. Usia berapa pun masuk dalam kategori normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Pertanyaannya, jika usia 18 bulan ke atas bayi belum bisa melangkahkan kaki dan berjalan, apakah itu normal? Menurut penjelasan yang dikutip dari Baby Center, rata-rata bayi melakukan langkah pertama mereka pada usia sekira 9 hingga 12 bulan. Bayi bisa berjalan dengan baik saat mereka berusia 14 atau 15 bulan.

Akan tetapi jika pada sekira usia di atas bayi belum juga bisa berjalan, dijelaskan pula bahwa itu bukan masalah berarti. Orangtua tidak perlu khawatir, sebab ada usia setelahnya masih juga normal.

"Beberapa anak normal tidak bisa berjalan sampai usia 16 atau 17 bulan. Hal itu wajar bila anak mengalami sedikit keterlambatan. Orangtua boleh prihatin jika mereka bisa tidak berjalan pada usia 18 bulan, bukan sebelumnya,” ,” demikian dikutip Baby Centre.

Jika kemampuan anak berjalan terlambat, dan orantua ingin mempercepat prosesnya coba lakukan beberapa hal untuk melatih anak melangkah. Seperti, berlatih berjalan dengan memberikan bayi pegangan yang tegak lurus. Kemudian, berikan bayi Anda tempat yang aman untuk berjalan. Beri dia dukungan dan lepaskan sesekali.

Lalu, bimbing bayi berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama untuk melatih keseimbangan, pastikan bayi ada di dataran yang aman bila mereka terjatuh. Buatlah permainan yang mendorong bayi berjalan, beri pujian jika mereka berhasil. Jika bayi masih belum bisa berjalan, tempatkan mereka dalam posisi berdiri tegak, bukan duduk.

Terakhir, bersabarlah, bersikap baik, dan buat suasana menyenangkan. Dengan begitu bayi akan siap bangun lagi dan kembali melangkah. Jika belum berhasil, baru Anda konsultasi ke dokter.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini