5 Tips Mudah Membuat Olahan Salad yang Lezat dan Sehat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 298 1868714 5-tips-mudah-membuat-olahan-salad-yang-lezat-dan-sehat-HBAzCVBVKg.jpg Salad (Foto: Thedailymeal)

MEMBUAT salad sekilas memang tampak mudah dan praktis. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa untuk membuat olahan salad yang sehat dan lezat, ternyata diperlukan trik yang tepat agar hasilnya maksimal. Mulai dari pemilihan bahan baku, hingga membuat salad dressing yang pas untuk memperlezat cita rasanya.

Daripada penasaran, berikut Okezone rangkum 5 tips membuat olahan salad yang praktis, lezat, dan menyehatkan sebagaimana dikutip dari buku Ide Masak Sehat, Lezat & Praktis: Resep Salad ala Cafe, karya Tim Ide Masak, Selasa (6/3/2018).

Pilih sayuran dan buah berkualitas

Hal terpenting sebelum membuat salad adalah memilih sayur dan buah yang masih segar dan berkualitas. Pilihlah buah yang berwarna masih cerah, bentuknya masih baik, tidak layu, dan tidak keriput. Selain itu, sebaiknya gunakan sayuran dan buah segar, serta hindari penggunaan sayuran beku atau buah kalengan. Cucilah bahan-bahan tersebut menggunakan air mengalir, kemudian rendam sayur dan buah dalam air untuk membersihkan dari sisa pestisida, bakteri, dan kotoran.

 (Baca Juga: Mulai Bakso, Sate hingga Rendang Nabati, 168 Jenis Menu Siap Manjakan Lidah Vegan & Vegetarian)

Perhatikan kandungan vitamin dan mineral

Semakin banyak jenis buah dan sayur yang dicampur dalam semangkuk salad, maka semakin lengkap pula kandungan vitamin dan mineralnya. Kelengkapan itu dapat ditandai dengan semakin banyak warna-rani buah dan sayuran yang dicampur menjadi satu.

Tambahkan protein

Protein adalah unsur yang penting bagi tubuh. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu menambahkan protein dalam resep salad Anda. Hindari penggunakan protein yang sudah diawetkan atau digoreng. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan jenis protein yang tidak berlemak misalnya, ikan salmon atau tuna, juga kacang-kacangan atau polong. Jika hendak menggunakan keju, tambahkan dalam jumlah sedikit dan pilih keju dengan kadar lemak rendah.

Lengkapi dengan karbohidrat

Jika salad akan dikonsumsi sebagai menu utama atau menu sarapan, lengkapilah dengan karbohidrat dengan jumlah secukupnya. Anda bisa menambahkan roti panggang, kentang rebus, atau mi dan pasta sebagai sumber karbohidrat.

  (Baca Juga: Masak Makan Malam Kilat Penne Carbonara dan Pasta Beef Stir Fry)

Pilih dressing dan saus yang tepat

Dressing atau saus salad yang terbuat dari campuran cuka dan minyak zaitun adalah pilihan yang tepat untuk salad yang sehat. Jika saus salad Anda menggunakan mayones, gunakan dalam jumlah sedikit atau secukupnya. Karena menggunakan terlalu banyak saus dalam semangkuk salad, akan menambah nilai kalorinya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini