Anda Pemula dalam Memasak? Ikuti Saran dari Legenda Kuliner Sisca Soewitomo

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 298 1868725 anda-pemula-dalam-memasak-ikuti-saran-dari-legenda-kuliner-sisca-soewitomo-40tByQuNVr.jpg Tips belajar memasak dari Sisca Soewitomo (Foto:Ist)

PADA dasarnya, kegiatan apapun tidak mengenal jenis kelamin. Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa masih ada jenis beberapa kegiatan yang memiliki imej sebagai pekerjaan sebagai salah satu jenis kelamin.

Salah satu contohnya ialah memasak, walau zaman sudah semakin maju dan kehidupan sudah semakin berkembang. Akan tetapi tidak bisa disangkal, masih ada sebagian orang yang menganggap bahwa memasak adalah tugas alias pekerjaan dari wanita.

Maka dari itu, tidak sedikit orang yang merasa aneh atau berpandangan heran jika mengetahui seorang wanita tidak pandai tidak andal dalam memasak. Padahal sejatinya tidak semua wanita memang bisa memasak, ada juga wanita yang baru ada di titik point sebagai pemula di dalam bidang memasak, alias masih dalam tahap coba-coba memasak.

BACA JUGA:

Heboh Wanita Kunyah Es Batu Warna-warni, Gimana Sensasinya?

Kemudian untuk wanita yang masih berada di posisi pemula di dalam bidang memasak, apa yang harus dilakukan agar bisa menjadi seseorang dengan kemampuan memasak yang andal? Menjawab pertanyaan ini, maka Okezone pun bertanya langsung kepada salah satu legenda dunia kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo.

"Step awalnya? Pertama sangat gampang, karena memasak itu menyenangkan, yang harus dilakukan pertama ialah ketika masuk ke dapur bereskan dahulu dapur tata rapi semuanya, sehingga tidak ada debu dan suasana pun jadi nyaman. Lalu langkah kedua tinggal baca buku resep, siapkan semua bahan-bahan terlebih dahulu, baru deh dikerjakan semua," ungkap Sisca kala ditemui Okezone belum lama ini di bilangan Jakarta Selatan.

Menurut guru dari chef ternama Rudy Choiruddin ini, untuk yang baru mulai menekuni bidang memasak. Pengaturan mindset atau pola pikir itu sangatlah penting untuk dilakukan saat memasak.

 BACA JUGA:

Wanita 100 Tahun Ini Klaim Bir dan Keripik Kentang Jadi Rahasia Panjang Umurnya

"Memasak itu pertama niat sama mindset nya dulu yang diatur. Satu saran saya, kalau lagi bete atau lagi ngomel-ngomel gitu mendingan jangan masuk dapur dan memasak deh," selorohnya.

Sementara itu, ketika ditanyai mengenai lebih susah mana memasak hidangan makanan sehari-hari atau memasak kue-kue alias baking, wanita kelahiran 1949 ini menjawab santai bahwa keduanya tidak ada yang susah karena dianggap susah itu selama ini hanya karena sikap diri sendiri yang menganggap bahwa memasak itu adalah sesuatu yang sulit.

"Masak biasa sama baking susah yang mana? Susah itu gimana kita menyikapi, gimana pikiran kita sendiri menganggapnya. Kalau kita menyikapinya dengan mudah ya akan jadi mudah," tandasnya singkat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini