Jangan Salah Beli, Inilah 6 Jenis Keju Sering Dipakai dalam Masakan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 03:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 298 1868778 jangan-salah-beli-inilah-6-jenis-keju-sering-dipakai-dalam-masakan-tPTveay63y.jpg Jenis jenis keju untuk masakan (Foto:Cosmenet)

SIAPA yang tidak suka kudapan berbahan keju? Selain mengandung berbagai nutrisi esensial, cita rasa gurih yang dihasilkan pun bisa bikin siapa saja ketagihan. Namun, sering kali kita menemukan keju dengan nama yang berbeda-beda ketika hendak membelinya di supermarket.

Bahkan ketika membaca sebuah resep kue atau masakan, tak jarang kita dibuat bingung oleh jenis-jenis keju tersebut. Jadi sebaiknya Anda memperhatikan kemasan produk sebelum membelinya, karena masing-masing keju memiliki ciri khas masing-masing.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Okezone rangkumkan 6 jenis-jenis keju yang sering digunakan dalam masakan. Beberapa di antaranya mungkin sudah familiar di telinga Anda. Sebagaimana dikutip dari buku Menu Fantastis Serba Keju, karya Anti Aprilyanti Suganti, Rabu (7/3/2018).

BACA JUGA:

Anda Pemula dalam Memasak? Ikuti Saran dari Legenda Kuliner Sisca Soewitomo

Edam

Keju yang berasal dari Belanda ini berbentuk bulat, warnanya kuning agak terang dan biasanya dibungkus parafin. Tekstur keju edam cenderung lembut dengan sensasi rasa sediki asin, namun tidak berbau pekat seperti keju-keju lainnya. Keju edam banyak digunakan untuk membuat olahan cookies, roti, dan donat.

Parmesan

Keju parmesan dapat dikenal dari teksturnya yang keras. Keju ini sangat cocok dijadikan sebagai keju parut. Berbeda dengan keju edam, keju parmesan justru memiliki bau yang cukup tajam dan biasanya dijual secara utuh atau sudah dalam bentuk parutan. Sebagian orang kerap menggunakan parmesan untuk membuat olahan tumisan, ayam, daging, ikan, camilan, pasta, hingga pizza.

 

Cheddar

Keju ini relatif keras dengan warnanya yang agak kuning pucat hingga putih gading. Rasa keju cheddar cukup kuat dan biasanya dicamil atau dijadikan sebagai bahan tambahan salad, roti, dan makanan ringan lainnya.

 

Mozzarella

Mozzarella merupakan jenis keju muda yang berwarna putih dan teksturnya sangat lunak. Keju ini biasanya dijual dalam kemasan potongan plastik yang mudah ditemukan di swalayan atau supermarket. Mozzarella sering digunakan sebagai topping pizza dan snack.

BACA JUGA:

Heboh Wanita Kunyah Es Batu Warna-warni, Gimana Sensasinya?

Blue Cheese

Blue cheese atau sering juga dikenal roquefort merupakan olahan keju asal Prancis yang terbuat dari susu domba. Tekstur keju ini agak keras dan memiliki lubang-lubang kecil. Dari segi rasa dan aroma blue cheese memang sangat menyengat dan sering digunakan sebagai campuran dessert atau snack.

Keju feta

 

Keju ini dibuat dari susu kambing atau domba. Dari segi warna, keju ini berwarna putih bersih, sedangkan teksturnya keras dan bergumpal. Keju feta bisa dibeli di pasar-pasar swalayan, biasanya dengan kemasan plastik potongan. Salad lezat, sup, dan kue kering bisa dibuat dengan keju feta ini.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini