Bukan Saja Kuliner Halal, Saatnya Seluruh Destinasi Wisata Indonesia Sediakan Makanan Vegan

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 298 1868816 bukan-saja-kuliner-halal-saatnya-seluruh-destinasi-wisata-indonesia-sediakan-makanan-vegan-IDEjb187ec.jpg Ilustrasi (Foto: Hellomagazine)

WISATAWAN mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) yang berkunjung ke berbagai lokasi wisata di Indonesia memiliki selera yang berbeda-beda. Maka sudah saatnya berbagai kebutuhan mereka tersedia di semua destinasi wisata.

Salah satu kebutuhan wisatawan adalah ketersediaan kuliner yang pas dengan selera atau pola hidup mereka. Seperti makanan halal dan vegetarian.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar), I Gde Pitana mengatakan, memang tidak ada atau bisa dikatakan 0 persen, wisatawan yang bertujuan datang ke Indonesia hanya untuk mencari makanan vegan. Tetapi, jika bicara berapa persen yang memerlukan, jumlahnya sangat tinggi.

"Contohnya di Bali, wisnus datang dari Eropa, China, Asia, India, dan Timur Tengah. Bagi wisnus ingin minum wine, makan steak, kami sediakan. Kemudian wisnus yang mencari makanan halal, juga tersedia. Maka, kami juga perlu menyediakan makanan vegan bagi mereka yang membutuhkan," ucap I Gde Pitana di Gedung Sapta Pesona, Selasa (6/3/2018).

 (Baca Juga: Mulai Bakso, Sate hingga Rendang Nabati, 168 Jenis Menu Siap Manjakan Lidah Vegan & Vegetarian)

Berdasarkan hasil observasi, Kemenpar menemukan 80 persen wisatawan dari India membutuhkan makanan vegan saat berkunjung ke lokasi wisata di Indoesia. Kalau Indonesia bisa memenuhi, maka ini menjadi nilai lebih dan tidak menyulitkan mereka mencari makanan.

"Jumlah wisatawan dari India sekitar 500 ribu. Nah 80 persen dari mereka adalah vegan dan vegetarian. Berarti sekitar 80 persen dari 500 ribu adalah 400 ribu wisatawan yang membutuhkan makanan vegan. Itulah yang harus disediakan," ungkapnya.

Alasan Kemenpar perlu menyediakan makanan vegan adalah guna menunjukkan kepada dunia bahwa sangat mudah menemukan makanan vegan di Indonesia, sehingga mau berkunjung.

"Ketersediaan makanan vegan juga sejalan dengan identitas Indonesia yang dikenal dengan negara yang subur, kaya rempah, kaya sumber daya alam, dan banyak ditumbuhi tanaman herbal. Jadi sangat cocok bila terdia makanan vegan di seluruh Indonesia," sambungnya.

  (Baca Juga: Masak Makan Malam Kilat Penne Carbonara dan Pasta Beef Stir Fry)

Jumlah restoran atau warung kaki lima yang menyediakan makanan vegan jumlahnya mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pada tahun 1998 hasil suervei Indonesia Vegetarian Society (IVS) hanya ada 50. Tapi saat ini jumlahnya sudah mencapai ribuan.

"Bahkan rumah makan non vegetarian kini juga menyediakan menu makanan khusus vegetarian. Artinya kesadaran pemilik restoran akan kebutuhan konsumen vegetarian sudah sangat tinggi," tukasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini