nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Salah, 7 Hal Ini Bantu Anda Tidur Nyenyak saat di Pesawat

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 05:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 06 406 1868894 jangan-salah-7-hal-ini-bantu-anda-tidur-nyenyak-saat-di-pesawat-U7D9BW5S9V.jpg Ilustrasi (Foto: Popsugar)

SAMA halnya melakukan perjalanan dengan alat transportasi lainnya, bepergian dengan menggunakan pesawat udara juga melelahkan. Terlebih lagi jika perjalanan yang ditempuh adalah penerbangan panjang.

Jika tidak memanfaatkan waktu selama terbang di udara untuk beristirahat dan tidur, bisa-bisa ketika sampai mendarat di tempat tujuan tubuh malah akan merasa kelelahan.

Namun bisa tidur dengan nyenyak saat berada di dalam pesawat udara, bukanlah perkara mudah. Walau tidak mudah dilakukan, bukan berarti tidur beristirahat dengan nyenyak di pesawat jadi hal yang mustahil untuk dicapai. Asal mengetahui sederet trik yang tepat, tidur dengan pulas saat di pesawat pun bisa dilakukan. Melansir Popsugar, Rabu (7/3/2018) berikut ulasan tips-tips dari ahli kesehatan serta ahli travel.

1. Bawa pijakan kaki dari karet

Perjalanan udara jarak jauh? Jangan lupa bawa aksesori penolong satu ini. Yup! Membawa pijakan kaki dari karet yang mudah dibawa-bawa disebutkan dapat menolong agar kita bisa beristirahat lebih nyenyak, menghindari kaki bengkak karena terlalu terlipat. Pijakan kaki bekerja paling baik di kursi sekat, tapi masih akan membantu jika digunakan dalam deretan kursi apapun.

2. Hindari minum kopi

Lindsey Bristol, seorang ahli diet dan ahli gizi yang terdaftar di Swanson Health, menyarankan wisatawan untuk menghindari minuman berkafein dalam waktu enam jam menuju keberangkatan.

3. Meditasi

Selain menyarankan untuk tidak mengonsumsi minuman kopi, Lindsey juga merekomendasikan untuk melakukan meditasi. Di mana meditasi ini bertujuan untuk mempersiapkan pikiran pada waktu tidur. Disebutkan, meditasi dan latihan pernapasan dalam dapat membantu menenangkan pikiran mendorong relaksasi, dan mendukung pengurangan stres untuk tidur yang lebih mudah. Singkirkan dulu earphone dan handphone sementara waktu agar meditasi bisa lebih maksimal.

4. Bantu dengan suplemen tambahan

Tidak perlu sungkan atau merasa malu untuk mengonsumsi suplemen tambahan. Konsumsi suplemen alami seperti magnesium dan melatonin diketahui dapat meningkatkan relaksasi sehingga Anda bisa beristirahat dengan baik. Magnesium khususnya dapat membantu untuk mengendurkan otot, mengurangi ketegangan, dan menenangkan pikiran sehingga bisa dijadikan sebagai pendorong untuk membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih baik. Selain itu, jangan lupa pendorong lainnya, seperti masker penutup mata, earphone, bantal leher, selimut, hingga mengenakan pakaian yang nyaman. Kuncinya adalah membawa apapun yang akan membantu diri untuk bisa terasa lebih nyaman dan rileks.

5. Bawa "sleep scent"

Sleep scent di sini maksudnya ialah aroma yang biasa digunakan di bantal di rumah. Jika bisa dibawa dalam bentuk kemasang bungkus atau sachet, mist atau gel, bawalah aroma yang bisa membantu otak untuk menyadari bahwa waktu ini adalah waktu untuk tidur. Jika tidak punya aroma khusus, aroma menenangkan seperti lavender bisa dijadikan pilihan aman.

6. Buang jauh-jauh yang bisa membangunkan tiba-tiba

Tutup rapat jendela pesawat saat hendak tidur untuk memastikan diri tidak akan diganggu, lalu direkomendasikan untuk menekuk sabuk pengaman di atas selimut sehingga pramugari tahu bahwa Anda dalam keadaan tetap memakai sabuk pengaman walaupun sedang tidur, sehingga petugas tidak perlu membangunkan hanya untuk mengingatkan pemakaian sabuk pengaman.

7. Dengarkan musik

Mendengar suara musik saat tidur bagi sebagian orang memang mungkin bisa mengganggu tidur, namun mendengar suara bising lainnya seperti suara orang berbicara, suara sesuatu yang bergerak, suara tangisan, atau bahkan suara dengkuran bisa jadi suara yang lebih menganggu lagi. Untuk menyiasatinya, buat playlist musik yang tenang selama satu jam dan dengarkan berulang kali untuk membantu menghilangkan keributan yang ada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini