Cari Alternatif Teh Hijau? Minum Teh Biru yang Kaya Khasiat

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 481 1868697 cari-alternatif-teh-hijau-minum-teh-biru-yang-kaya-khasiat-b0iJ8Za6NR.jpg Teh biru kaya manfaat (Foto: Newscrab)

TEH hijau terkenal memilki banyak manfaat kesehatan. Tapi, beberapa orang tidak suka dengan rasanya. Jika Anda termasuk yang tidak menyukai rasa teh hijau, ada alternatif yang sedikit lebih enak rasanya dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan teh biru.

Teh ini terbuat dari bunga kacang biru (Clitoria ternatea) yang dikenal juga sebagai bluebellvine. Berasal dari Asia, teh ini banyak ditanam di negara-negara tropis saat ini. Teh ini juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional di India karena memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Berikut manfaat yang diberikan teh hijau untuk kesehatan Anda seperti dilansir dari laman Timesofindia, Selasa (6/3/2018):

Detoks

Teh biru mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi seperti teh hijau. Selain itu, minuman sehat ini juga bersifat diuretik yang mendorong buang air kecil dan mengatasi kesulitan buang air kecil. Kemudian, teh biru juga memiliki cyclotides, sebuah peptida yang telah terbukti memiliki sifat anti-HIV dan anti-tumor.

Pencernaan

Telah ditemukan untuk membantu hati menghasilkan cairan empedu lebih banyak, yang bersama dengan sifat antioksidannya membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Teh biru juga dikatakan memiliki sifat anti-mual.

Cegah penuaan kulit

Teh biru juga bagus untuk kulit karena memiliki sifat anti-glycation yang membantu mencegah penuaan kulit. Selain itu, beberapa flavonoid yang ditemukan dalam produksi kolagen meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini telah digunakan untuk mengobati kebotakan karena memiliki antosianin yang diharapkan dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan memperkuat folikel rambut.

Meningkatkan kesehatan otak

Teh biru telah terbukti dapat memperbaiki fungsi otak dengan berbagai cara, sayangnya sebagian besar percobaan dilakukan pada tikus di laboratorium. Namun, otak mereka sangat mirip dengan manusia, sehingga hasilnya juga harus diterapkan pada kita. Ditemukan dapat meningkatkan memori otak dalam banyak percobaan. Hal ini mungkin karena meningkatkan produksi asetilkolin. Selain itu, teh biru juga antipiretik, menyembuhkan demam dan telah terbukti memiliki efek anti-kecemasan dan antidepresan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini