Pentingnya Batasi Konsumsi Gula untuk Anak yang Terlalu Gemuk

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 20:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 06 481 1868710 pentingnya-batasi-konsumsi-gula-untuk-anak-yang-terlalu-gemuk-pT0yeVl8FM.jpg Ilustrasi makan makanan manis (Foto: petspa)

ANAK-anak obesitas atau kegemukan cenderung suka makanan manis karena sudah kecanduan. Sebaiknya, orangtua menjauhkan kebiasaan itu supaya kelak tak memicu diabetes saat beranjak dewasa.

Sebab, gula adalah bahan makanan yang 'jahat' karena dapat mengacaukan kadar gula darah. Karenanya, mereka tidak boleh banyak-banyak konsumsi gula atau makanan dan minuman serbamanis, apalagi kemasan instan.

Spesialis Anak dr Aman Bhakti Pulungan SpA(K) menegaskan, anak obesitas seharusnya dijauhkan dari gula. Tapi sayang, masih banyak orangtua yang abai, sehingga sulit mengontrol faktor risiko diabetes di masa mendatang.

"Anak obesitas jangan sering diberikan makanan manis. Misalnya bikin susu tambah gula, teh manis kemasan, permen dan kue-kue," ujar dr Aman saat ditemui di kawasan Kramat, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).

Selain menjaga pola makannya, orangtua juga harus memacu anak agar aktif bergerak. Mereka harus banyak bergerak supaya mudah membakar kalori dan lemak yang menimbun di tubuh.

Namun sayang, anak obesitas banyak yang malas bergerak, karena berat badannya besar sehingga jadi beban. Padahal orangtua bisa membiarkan anak main di luar ruangan, daripada memberikan gadget yang membuatnya banyak berdiam diri.

Risiko bila anak mengalami obesitas, yang selalu dikhawatirkan yakni diabetes di masa dewasa. Karena obesitas sudah mengacaukan banyak organ, termasuk mengganggu gula darah yang fungsinya jadi tidak normal.

Belum lagi kalau ada riwayat genetik penyakit tidak menular lainnya dalam keluarga. Mereka juga dikhawatirkan menderita hipertensi yang nantinya memicu penyakit kardiovaskular.

Karenanya, orangtua harus memperhatikan kondisi anak dengan obesitas. Jangan biarkan faktor risikonya meningkat dan harus dicegah sejak dini.

Di usia berapapun, sebaiknya jangan kenalkan anak dengan gula atau makanan dengan pemanis buatan. Karena hal itu cepat membuat anak kecanduan dan sulit dihentikan.

"Untuk mencegah diabetes yang paling benar yaitu jangan kenalkan anak dengan gula dan makanan pemanis buatan. Lebih baik kenalkan anak dengan makanan manis alami dari buah-buahan misalnya. Meski badannya butuh gula, tapi orangtuanya harus membatasi," tutupnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini