Tips Mudah agar Lantai Rumah Bebas Debu

Tiara Amalina, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 07 196 1869336 tips-mudah-agar-lantai-rumah-bebas-debu-Yz5pVJv0fC.jpg Ilustrasi (Foto: Today)

MENJAGA rumah tetap bersih merupakan keinginan semua orang, khususnya para wanita yang telah berkeluarga. Tapi hal yang kadang membuat kesal adalah debu.

Ya, debu memang dapat dibersihkan, tapi tidak lama kemudian akan kembali datang. Debu sebenarnya terbuat dari serbuk, kotoran, rambut manusia, serat kain, abu kayu, bahan kimia dan sel kulit mati manusia.

Partikel kecil ini menetap di permukaan benda dan menumpuk jika tidak dibersihkan. Meskipun tidak membahayakan benda-benda yang mereka tempati, tapi partikel debu sangatlah tidak sehat bagi orang-orang yang tinggal di rumah tersebut.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (8/3/2018) ada beberapa solusi cerdas agar rumah Anda bebas dari debu dalam waktu yang cukup lama, sehingga Anda tidak perlu membersihkannya terlalu sering.

1. Hindari penggunaan karpet

Karpet adalah gudangnya debu. Bahkan jika Anda menyedot debu tersebut setiap hari, pembersihan dengan air dan deterjen tetap diperlukan agar kotorannya benar-benar hilang. Dan hal itu sangat menguras tenaga bukan? Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan karpet berbahan vinyl yang cenderung tidak berbulu dan lebih mudah dibersihkan karena permukaannya yang licin.

 (Baca Juga: Miris! Penyelam Inggris Temukan Banyak Sampah Plastik Mengambang di Perairan Nusa Penida)

2. Selalu tutup jendela rumah Anda

Hal ini perlu dilakukan jika rumah Anda langsung menghadap ke jalan raya, ataupun jika ada jendela yang tepat berhadapan dengan jalan. Apalagi jika jam sibuk lalu lintas, debu yang masuk ke rumah sangat berbahaya, karena mengandung gas dan polutan. Solusinya, bukalah jendela setiap pagi agar udara segar dapat masuk.

3. Bersihkan saringan AC Anda secara rutin

Hal ini sama pentingnya dengan menjaga agar jendela Anda tetap tertutup. Meski udara yang berasal dari AC disaring, mereka tidak akan bekerja dengan baik jika debu pada saringan dibiarkan menumpuk. Oleh karena itu, membersihkan saringan AC secara teratur akan menjamin kualitas udara yang baik untuk keluarga Anda.

4. Memasang alat humidifier di rumah

Ini sangat penting jika Anda tinggal di daerah yang kering. Lingkungan kering akan membuat debu dan kotoran akan lebih mudah datang. Memasang humidifier akan membantu udara lebih lembap dan menurunkan jumlah debu di rumah Anda.

  (Baca Juga: Ibu Hamil dengan Kondisi Ini Berisiko Tinggi Idap Penyakit Ginjal Kronik)

5. Jangan pernah membawa alas kaki ke dalam rumah

Alas kaki merupakan pembawa debu, kotoran dan kuman. Maka dari itu, alas kaki sebaiknya diletakkan pada sebuah rak di luar rumah, agar debunya tidak mengotori rumah.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini