nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Menata Dapur untuk Membuat Kue yang Lezat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 15:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 07 298 1869168 5-tips-menata-dapur-untuk-membuat-kue-yang-lezat-lxiFngnJb5.jpg Ilustrasi (Foto: Foodandwine)

MEMASAK merupakan salah satu kegiatan favorit yang kini banyak digandrungi berbagai kalangan. Namun perlu diingat, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui agar hidangan terasa sempurna dan lezat.

Bukan hanya sekadar bahan atau trik pengolahannya saja yang memengaruhi hasil masakan, kondisi atau tata ruang daput ternyata juga memainkan peranan penting dan tidak boleh dianggap remeh.

Nah, jika Anda adalah pemula di dunia pembuatan kue, berikut Okezone rangkumkan 5 tips menata dapur yang bisa Anda aplikasikan di rumah, sebagaimana dilansir dari Food & Wine, Rabu (7/3/2018).

Rak terbuka

Rak atau lemari terbuka sangat ideal untuk menyimpan barang-barang untuk keperluan membuat kue seperti kaleng kemasan, mixer, tepung, gula, dan bahan dasar lainnya. Untuk membuat tampilan rak menjadi lebih menarik memang dibutuhkan ide kreatif dan perhitungan yang tepat. Hal pertama yang harus bisa Anda lakukan adalah memilih warna dan bentuk rak yang akan Anda gunakan. Setelah itu, selalu letakkan barang-barang yang paling sering digunakan di bagian depan rak.

 (Baca Juga: Miliki Komposisi Wajah 'Golden Ratio', Meghan Markle Kalahkan Kecantikan Kate Middleton)

Buku resep

Bagi para pemula, buku resep menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Namun tanpa disadari, terkadang benda tersebut justru membuat tampilan dapur menjadi semakin terlihat ramai dan terkesan tidak teratur, karena banyak yang tidak mengetahui cara penyimpannanya. Anda bisa memanfaatkan rak terbuka untuk menumpuk dan menyimpan buku resep. Idealnya, rak diletakkan di dekat workstation agar mudah dijangkau.

Meja yang kokoh

Meja yang padat dan kokoh seperti marmer sangat ideal untuk memudahkan Anda saat menggulung atau menghaluskan adonan kue. Perlu diketahui bahwa pada saat suhu ruangan dingin, permukaan marmer akan membuat adonan kue mengering dan terkadang menempel. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menaburkan tepung ke dalam adonan kue agar teksturnya kembali menjadi lembut dan mudah dibentuk.

  (Baca Juga: Malaysia dan Singapura Ikut Festival Jengkol Indonesia)

Cahaya yang pas

Selain peralatan yang memadai, kunci sukses untuk membuat kue yang sempurna adalah ketepatan dalam proses pengolahnnya. Salah satu caranya yaitu dengan memiliki pencahayaan yang bagus di dapur Anda. Ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan Anda dalam menghias dan membentuk kue.

Oven ganda

Jika Anda memiliki ruang dapur yang cukup luas, tidak ada salahnya Anda membeli oven ganda. Seperti diketahui, tidak semua kue dapat dipanggang dalam suhu yang sama. Dengan menggunakan oven ganda, Anda bisa menghemat proses pengolahan tanpa harus mendinginkan kue terlebih dahulu. Praktis bukan?

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini