3 Cara Membedakan Nanas yang Belum dan Sudah Matang

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 07 298 1869380 3-cara-membedakan-nanas-yang-belum-dan-sudah-matang-xOijpnxgkd.jpg Nanas (Foto: Foxnews)

TIDAK seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, yang bisa dilihat dari tampilan luar apakah sudah matang atau belum saat hendak dibeli, tidak demikian dengan buah nanas.

Nanas hadir dengan kulit luar yang tebal dan duri-duri serta daunnya yang tajam, yang akhirnya membuat kita sedikit sulit untuk menilai apakah nanas yang hendak dibeli ini sudah dalam keadaan matang atau belum.

Lalu bagaimana caranya agar bisa mengetahui nanas yang dipilih ini sudah benar-benar matang? Sehingga saat dinikmati nanti, nanas yang dimakan adalah nanas yang manis dan renyah. Tenang, ternyata ada tiga cara yang bisa dilakukan agar bisa tahu nanas tersebut sudah matang atau belum. Sebagaimana diwarta Foxnews, Kamis (8/3/2018) berikut ulasannya:

 (Baca Juga: Kevin Smith Memutuskan untuk Menjadi Vegan Setelah Kena Penyakit Jantung)

1. Lihat warnanya

Ketika bicara soal nanas, kebanyakan orang akan teringat buah yang berwarna hijau kekuningan. Namun ingatlah, buah nanas yang sudah matang adalah nanas yang memiliki gradasi warna hijau abu-abu kekuningan. Jadi pada dasarnya, semakin terlihat berwarna kuning keemasan dari bagian atas hingga bawah di tampilan kulit luar nanas itu artinya semakin matang pula nanas tersebut.

2. Rasakan teksturnya

Tahukah bahwa memegang alias menyentuh bagian kulit duri yang tajam yang terdapat pada nanas, juga jadi salah satu cara untuk mengetahui apakah nanas itu sudah masak atau masih mentah. Rasakan tekstur bagian yang berduri ini, nanas yang sudah matang ketika bagian berdurinya dipegang teksturnya akan terasa jauh lebih lembut. Sedangkan nanas yang masih mentah, tentunya hadir dengan tekstur yang keras.

  (Baca Juga: Intip Uniknya Kafe di Korea Selatan yang Bikin Pengunjung Betah Berlama-lama dengan Domba)

3. Cium aromanya

Langkah ketiga menilai nanas yang hendak dibeli apakah sudah benar-benar matang, setelah melihat warna eksterior nanas dan juga merasakan teksturnya ialah dengan mencium aromanya. Soal aroma nanas ini, disebutkan nanas yang matang adalah nanas yang bagian bawahnya tercium harum khas buah yang matang, manis dan fruity maka nanas ini bisa dipilih. Sedangkan, berhati-hatilah jika nanas yang dicium aromanya ini mengeluarkan aroma seperti aroma asam sesuatu yang difermentasikan (seperti bau cuka), maka sebaiknya nanas tersebut tidak dipilih.

Nah semoga dengan tiga cara ini, setiap kali hendak membeli buah nanas, maka nanas yang dipilih adalah nanas yang sudah benar-benar matang sehingga manis dan renyah saat dimakan. Selamat mencoba!

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini