nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malay Heritage Centre, Jelajahi Budaya Melayu Singapura di Istana Tempat Tinggal Sultan

Dada Sathilla, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 05:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 07 406 1869239 malay-heritage-centre-jelajahi-budaya-melayu-singapura-di-istana-tempat-tinggal-sultan-1xywvOT1MZ.jpg Wisata di Malaysia (Foto: Sabra Sathilla)

SEBAGAI negara multikultural, ada banyak tempat wisata di Singapura yang mencerminkan kekayaan budaya melayu, tionghoa dan india. Tempat wisata budaya melayu berpusat di Malay heritage center yang berada di kawasan heritage Kampong Glam. Sebuah tempat yang seru dijelajahi karena malay heritage center berada di istana cantik tempat kediamanan sultan.

Malay Heritage Center mudah ditemukan karena lokasinya berada tepat di jantung kampong glam atau kawasan melayu Singapura. Untuk menuju ke sana perlu naik MRT tujuan Bugis disambung dengan jalan kaki selama 20 menit. Ambil arah ke masjid sultan karena Malay heritage center berada persis di sebelahnya.

Berdiri di sebuah komplek yang dulunya merupakan istana sultan, Malay heritage center dibuka sejak tahun 2004. Di bangunan bergaya arsitektur campuran Inggris dan melayu ini disimpan banyak artefak, foto dan kesenian yang menceritakan sejarah bangsa Melayu di Singapura sejak zaman kolonial Inggris, setelah merdeka dimana Singapura bagian dari Malaysia hingga berdiri sebagai negara sendiri.

Artefak budaya melayu yang disimpan lumayan lengkap seperti keris, baju kebaya untuk perempuan melayu serta baju pria melayu, peta yang menunjukkan rute imigrasi dari Indonesia ke Singapura, hingga foto-foto kampong glam zaman dulu. Musik dan film melayu lama pun diputar disini.

Ada 6 ruang pameran di dalam malay heritage center yang dibuat untuk memamerkan kebudayaan melayu di Singapura. Serunya lagi bila datang pada hari kamis hingga minggu bisa ikut tur berpemandu gratis. Tur dimulai pada pukul 12.00 siang dan 14.00 siang dan berlangsung selama 45 menit. 
Bila anda traveling ke Singapura dan memutuskan mampir ke kawasan kampong glam, sebaiknya mampir juga Malay heritage center. Tak cuma untuk mengenal sejarah dan perkembangan komunitas melayu di Singapura tapi bisa juga melihat keindahan istana sultan yang selama bergenerasi - generasi ditinggali sultan dan keturunannya.
 Malay heritage center gratis dikunjungi bagi warga Singapura. Sedangkan untuk turis asing perlu membeli tiket masuk seharga SGD 6 atau sekitar Rp62.500,00.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini