nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Keindahan Taman Laut Olele di Gorontalo

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 08:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 07 406 1869370 melihat-keindahan-taman-laut-olele-di-gorontalo-z8iBDCE0Su.jpg Taman Laut Olele (Foto: Celebesnews)

BERBICARA mengenai taman laut di Pulau Sulawesi tentu semua orang langsung teringat dengan Taman Laut Nasional Bunaken di Sulawesi Utara. Akan tetapi, sebenarnya masih ada taman laut lain yang tak kalah indah. Salah satunya adalah Taman Laut Olele yang berlokasi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Taman laut ini berjalak 20 km dari pusat kota Gorontalo dan untuk melihat langsung keindahannya, pengunjung tentu harus pergi ke Pantai Olele. Pantai ini cukup tersembunyi dari keramaian sehingga suasana syahdu semakin terasa.

(Foto: Olele/Liburanhematbanget)

Terlebih saat pengunjung memandangi pesona pantai berupa hamparan pasir putih yang bersih dan birunya air laut. Dari atas perairan pengunjung juga dapat melihat karang berwarna-warni yang mengundang rasa penasaran.

Maka dari itu, tak heran bila banyak pengunjung yang senang melakukan kegiatan snorkeling di pantai sekaligus taman laut ini. Keindahan alam bawah laut dapat terlihat hingga kedalaman dua meter. Terdapat hamparan koral yang terlihat dengan jelas. Ada pula sponge coral endemik yang tidak ada ditempat lain sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing.

(Foto: Olele/Ketahui)

Koral tersebut memiliki motif yang unik dan menyerupai lukisan karya Salvador Dali. Hal itu membuat koral diberi nama yang sama dengan seniman tersebut. Tak hanya koral, saat snorkeling pengunjung juga bisa melihat biota laut lain yang tak kalah indah seperti nudibranch dan shrimp.

Tak puas dengan snorkeling? Pengunjung yang memiliki lisensi untuk menyelam bisa melakukannya di taman laiut ini. Ada beberapa spot andalan yang menjadi favorit pengunjung dna memiliki ciri masing-masing. Spot-spot tersebut antara lain Jinn Cave, Traffic Circle, Honeycomb, Muck Dive, Coral Pole, dan Salvador Dali.

Taman Laut Olele sudah ditetapkan menjadi destinasi wisata sejak beberapa tahun lalu. Pengunjung yang datang tidak perlu merasa khawatir terkait fasilitas yang ada di sana. Ada beberapa tempat penginapan yang bisa disewa untuk bermalam. Selain itu, ada pula penyewaan perahu dan alat-alat penyelam bila pegunjung tidak memilikinya. Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini