Image

Menjelajah Pantai Kedung Celeng di Malang yang Belum Banyak Dijamah

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 08:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 07 406 1869384 menjelajah-pantai-kedung-celeng-di-malang-yang-belum-banyak-dijamah-JE287jsKKp.jpg Pantai Kedung Celeng (Foto: ekakissmiar/Instagram)

KUNJUNGAN wisatawan ke Kota Malang, Jawa Timur terus meningkat. Bila dalam waktu dekat Anda berencana mengunjungi Kota Apel itu, cobalah mengeksplorasi bagian selatan. Di sana Anda bisa menemukan pantai yang terbilang perawan dan keindahannya luar biasa.

Pantai tersebut bernama Kedung Celeng yang berada di Dusun Sumber Celeng, Desa Banjarejo, Donomulyo, Malang Selatan. Pantai ini terletak di tengah-tengah antara Pantai Bantol dan Pantai Pulodoro. Untuk mencapai pantai ini, pengunjung harus masuk melalui Pantai Bantol dan menjelajah hutan. Kondisi ini menuntut tingkat kewaspadaan yang tinggi karena bisa membuat pengunjung tersesat.

 (Baca Juga: Miliarder Richard Branson Mencari Orang Asing untuk 'Tinggal' di Pulau Pribadinya)

Namun, usaha keras dalam perjalanan menuju pantai ini tidak akan sia-sia. Sebab begitu sampai pengunjung akan disuguhi keindahan alam yang eksotis dengan pasir pantai yang begitu bersih dan asri serta birunya air laut. Panorama yang indah itu sering dimanfaatkan sebagai latar belakang untuk mengambil foto.

 

(Foto: indraoktiawan/Instagram)

Di pantai ini, ombaknya tidak terlalu besar karena dilindungi oleh pulau sehingga pengunjung bisa bebas berenang. Banyak juga pengunjung yang senang duduk-duduk di pinggir pantai untuk sekadar melepas penat.

Selain berenang atau bermain air ala kadarnya, pengunjung juga bisa mencoba aktivitas air lain yaitu snorkeling. Pemandangan bawah laut di Pantai Kedung Celeng ini sangatlah indah. Banyak ikan-ikan kecil yang berkeliaran, terumbu karang, dan koral yang berwarna-warni. Biota laut itu tentu dapat menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Snorkeling bisa dilakukan hingga jarak 20 meter dari bibir pantai. Tingkat kedalamannya pun mencapai 2 meter. Bagi pengunjung yang belum pernah mencoba aktivitas tersebut juga tidak perlu merasa khawatir karena sangat cocok untuk pemula.

  (Baca Juga: Miris! Penyelam Inggris Temukan Banyak Sampah Plastik Mengambang di Perairan Nusa Penida)

Namun ada hal yang harus diperhatikan saat pengunjung berada di pantai ini. Letaknya yang tersembunyi dan belum banyak didatangi membuat pantai ini minim fasilitas sehingga pengunjung harus menyesuaikan. Selain itu, menurut warga sekitar karena pantai terletak di antara hutan, kemungkinan masih ada hewan liar yang berkeliaran seperti monyet, babi hutan, ular, dan lainnya.

Akan tetapi, Anda tidak perlu merasa risau karena keindahan pantai ini mampu membuat pengunjung melupakan keadaan di sekitarnya. Hanya saja Anda tetap harus berhati-hati.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini