Faktor Penyebab Katarak, Sering Konsumsi Obat Asma Salah Satunya!

Widya Marchellin, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 07 481 1868981 faktor-penyebab-katarak-sering-konsumsi-obat-asma-salah-satunya-BTPsofznJf.jpg Katarak (Foto: Istimewa)

MATA adalah salah satu panca indra yang paling penting untuk melakukan kegiatan sehari – hari. Salah satu kondisi mata yang banyak diderita adalah katarak. Berdasarkan info dari Departemen Kesehatan (Depkes), ada 250.000 penderita katarak pertahunnya di Indonesia. Dan perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan negara penderita katarak terbesar di Asia Tenggara.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya katarak diantaranya, usia, genetik, pancaran sinar UV secara langsung, trauma atau cedera yang menyebabkan terjadinya katarak. Tapi faktor penyebab yang sangat berpengaruh terjadinya katarak adalah gizi di masa lalu.

“Gizi masa lalu disebut, kondisi ekonomi yang kurang mampu dapat mempengaruhi kemungkinan seseorang mendapat penyakit katarak karena kurangnya asupan gizi, vitamin, buah-buahan dan sayuran.” ungkap Kolonel CKM dr.Soebandono Bambang Indrasto Sp.M saat ditemui Okezone, kemarin. Ia juga berbagi tips untuk pencegahan terhadap penyakit katarak yaitu dengan cara:

Ketika naik motor gunakan helm

Jelas debu saat berbahaya jika sudah masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi pada mata.

 

Gunakan kacamata sunscreen

Bila memakai kacamata jangan hanya warna hitam tapi pakailah kacamata yang tidak tembus cahaya matahari. “Jika hanya memakai kacamata bewarna hitam dan tembus cahaya itu percuma saja, ujar dr.Soebandono

Makan makanan sehat

Makan buah-buahan dan sayuran sangat penting untuk menjaga kesehatan mata terutama buah merah yang banyak mengandung vitamin A, tapi ini secara umum. Perlu diketahui asupan gizi terutama pada ibu hamil sangat penting agar bayi tidak lahir prematur.

Hindari obat-obatan

Meminum berbagai macam jenis obat seperti salah satuya obat asma akan membuat kerusakan pada mata yang berakibat terjadinya katarak. Untuk itu jagalah kesehatan mata sejak dini agar tidak terkena berbagai penyakit mata seperti katarak.

Sebagai informasi katarak hanya dapat diobati dengan tindakan operasi. Dan untuk pasien yang telah melakukan operasi katarak dihimbau, selama penyembuhannya dilarang melakukan aktivitas berat seperti mengangkat, mendorong, batuk terlalu dipaksa, bersin berlebihan dan sujud.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini