nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Gymnastic yang Jadi Olahraga Favorit Anak Zaman Now

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 07 481 1869062 mengenal-gymnastic-yang-jadi-olahraga-favorit-anak-zaman-now-1ObGYJMF4t.jpg Ilustrasi (Foto: Squarespaces)

GYMNASTIC jadi salah olahraga yang kian digandrungi banyak kalangan. Tak terkecuali anak-anak menyukainya dan rupanya punya banyak manfaat di balik itu.

Kegiatan ini merupakan olahraga dengan gerakan senam artistik yang banyak disukai anak zaman now. Dengan gymnastic, mereka bisa melatih kekuatan, kelincahan, kelenturan, dan kecepatan. Serta, anak-anak dianggap mampu menyelesaikan tantangan yang berdampak pada tumbuhnya rasa percaya diri, dan menghilangkan rasa takut.

Head Coach Fast Gym Club Sepri Haryadi mengatakan, kegiatan gymnastic bisa memudahkan anak untuk mengembangkan keterampilan gerak dasar. Ada banyak karakteristik gerak yang mengembangkan manfaat masing-masing.

"Olahraga gymnastic dikemas jadi lebih menyenangkan untuk anak-anak. Mereka dilatih untuk lebih disiplin, atraktif, dan percaya diri saat tampil maupun bersosialisasi”, ujar Sepri saat dihubungi Okezone, Rabu (7/3/2018).

Mantan atlet nasional senam artistik putra itu menambahkan, anak-anak zaman now harus lebih banyak bergerak daripada banyak bermain gadget. Sebab, tantangan untuk menjaga kesehatan tubuhnya lebih berat karena pengaruh banyak hal.

Tak heran, orangtua banyak mendukung anaknya agar mau berlatih fast gym. Aktivitas ini juga dianggap mampu menyalurkan energi positif anak, serta melatih bakatnya di bidang olahraga.

“Setiap anak yang sudah berlatih membutuhkan wadah untuk mempresentasikan skill yang sudah mereka capai,” tambahnya.

Sepri menambahkan, kombinasi setiap gerakan di setiap level gymnastic memberikan tantangan yang berbeda. Ada istilah target kemampuan yang menjadi fokus agar bisa dicapai oleh setiap anak pada masing-masing tahapan levelnya.

Gerakan gymnastic yang umum diajarkan kepada anak ialah seperti front roll, backward roll, carthweel, salto, dan lainnya. Gerakan-gerakan tersebut sering mereka lihat di sosial media, seperti Instagram dan Youtube.

Namun, jika anak-anak melakukan kegiatan gymnastic sendirian akan berbahaya. Bisa-bisa aktivitas ini melukai si anak, maka butuh pengawasan yang aman dari sang ahli.

Daripada memberikan anak-anak bermain gadget di waktu senggangnya, mungkin kegiatan gymnastic dapat menjadi referensi. Karena olahraga artistik itu punya banyak makna dan gerakan yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak mulai usia 4 tahun hingga remaja.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini