nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Infeksi Saluran Kemih dengan Rutin Konsumsi 8 Makanan Ini!

Widya Marchellin, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 16:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 07 481 1869121 cegah-infeksi-saluran-kemih-dengan-rutin-konsumsi-8-makanan-ini-G2L6n2NGxc.jpg Yogurt (Foto: Kqed)

INFEKSI saluran kemih (ISK) kebanyakan mempengaruhi sejumlah besar wanita. Hal ini ditandai dengan infeksi bakteri yang berkembang di saluran kemih, yaitu terdiri dari kandung kemih, uretra dan ginjal.

Melansir Boldsky, Rabu (7/3/2018) Makanan yang dimakan dan keasaman urin mempengaruhi seberapa baik bakteri dapat atau tidak dapatnya tumbuh di saluran kemih. Infeksi saluran kemih sering disertai nyeri perut, sensasi terbakar saat buang air kecil dan kram punggung bawah. Berikut makanan yang dapat mencegah infeksi saluran kemih:

Cranberries

Jus cranberry adalah minuman yang paling dianjurkan untuk dimiliki saat Anda menderita ISK. Menurut penelitian, cranberry mengandung zat yang menghentikan bakteri penyebab infeksi yang menempel ke dinding saluran kemih. Cranberries juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah infeksi saluran kemih.

BACA JUGA:

Bayi Baru Lahir Mirip Ayahnya Ada Dampak Kesehatannya, Apa Itu?

Yogurt

Yogurt adalah makanan probiotik yang terdiri dari bakteri baik yang membantu menyeimbangkan bakteri jahat dan sebaliknya yang menyebabkan ISK. Selain itu yogurt juga dapat memperbaiki gejala ISK. Terutama yogurt tanpa pemanis.

Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Kehadiran senyawa allicin dan sulfur lainnya dalam bawang putih membantu mencegah ISK karena sifat antimikrobanya.

Vitamin C

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat yang dapat mengatasi gejala ISK. Vitamin ini juga menghambat pertumbuhan bakteri dan membuat asam pada urin berkurang dan menurunkan kemungkinan terjadinya ISK. Makanlah makanan kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, tomat, kol, brokoli, jambu biji, dll.

Blueberry

Blueberry mengandung senyawa tanaman yang disebut proanthocyanidins, yang mencegah bakteri mengikat sel-sel di saluran kemih. Selain itu Bluberry juga mengandung antioksidan penguat kekebalan yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini