Kebiasaan Terlalu Banyak Minum Berisiko Pada Kesehatan Tubuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 07 481 1869295 kebiasaan-terlalu-banyak-minum-berisiko-pada-kesehatan-tubuh-4akH9DnAC8.jpg Ilustrasi (Foto: Thoughtco)

SEBAGIAN dari Anda mungkin percaya bahwa konsumsi minuman yang cukup akan membawa dampak baik bagi kesehatan tubuh. Tapi, tidak sedikit dari Anda juga yang akhirnya salah mengartikan pernyataan ini.

Contoh kekeliruan yang mungkin terjadi adalah ketika Anda malah meyakini bahwa minum yang banyak akan lebih membawa dampak baik bagi kesehatan dibandingkan minum cukup.

"Padahal sudah sangat jelas, sesuatu yang berlebihan itu tidak akan membawa dampak yang baik bagi segala hal, termasuk minum banyak ini," tegas Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Aida Lydia, PhD, Sp.PD-KGH, saat diwawancarai di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018).

dr. Aida melanjutkan, dampak yang akan terasa ketika Anda malah mengonsumsi cairan secara berlebihan adalah berkurangnya elektrolit tubuh yang mana itu bermanfaat bagi keseimbangan tubuh. Elektrolit yang dimaksud antara lain natrium dan kalium.

 (Baca Juga: Latihan Terbaik untuk Mengontrol Kadar Gula Darah bagi Penderita Diabetes)

Bagaimana kemudian elektrolit tubuh ini hilang karena minum kebanyakan?

"Yang perlu disadari adalah saat Anda minum banyak melebihi kebutuhan cairan tubuh, maka elektrolit ini akan ikut terbuang bersama urin. Kalau natrium dan kalium ini banyak terbuang, efek yang terasa adalah tubuh menjadi lemas. Kalau sudah begini, malah merugikan, bukan?" terang dr. Aida.

Perlu Anda ketahui, natrium dan kalium tubuh sangat diperlukan untuk menyeimbangkan tubuh. Untuk natrium sendiri, elektrolit yang satu ini memegang peranan penting dalam menetukan osmolaritas dalam darah dan sebagai pengatur volume ekstra sel.

  (Baca Juga: Masyarakat Pedesaan Berisiko Tinggi Alami Penyakit Tidak Menular, Ini Alasannya!)

Sementara itu, untuk fungsi elektrolit kalium dalam tubuh, berfungsi mempertahankan membran potensial elektrik dalam tubuh. Jadi, ketika natrium atau kalium ini terlalu sedikit di tubuh, maka yang bakal terjadi salah satunya adalah lemas.

Karena itu, Anda tetap harus mempertimbangkan jumlah asupan cairan. Ingat, semakin banyak air dalam tubuh juga tidak akan membawa dampak baik bagi kesehatan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini