Ini Efeknya Jika Terbiasa Minum Alkohol Sejak Remaja

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 07 481 1869362 ini-efeknya-jika-terbiasa-minum-alkohol-sejak-remaja-m3poE9dawJ.jpg Ilustrasi (Foto: Foxnews)

PRIA yang terbiasa minum alkohol sejak remaja, besar risiko menderita penyakit liver. Karenanya, lebih baik Anda menghindari minuman memabukkan itu daripada harus menganggung risiko penyakit.

Sebuah studi di Swedia menyebutkan, kebiasaan konsumsi alkohol setiap malam sudah jadi satu kebiasaan anak remaja. Hal ini tidak sama sekali disarankan, sekalipun minumnya sedikit.

Periset meneliti data konsumsi alkohol untuk 43.296 orang berusia 18 sampai 20 tahun. Setidaknya, studi ini dilakukan selama 38 tahun, dengan hasil 383 pria didiagnosis menderita penyakit hati berat, serta ada 208 orang yang meninggal dunia.

Karena setiap orang yang tubuhnya telah terpapar alkohol bisa memudahkan racun mengendap di liver dan gijal. Hal ini mengurangi fungsi organ tubuh itu dengan normal.

 (Baca Juga: 9 Manfaat Kesehatan Minum Jus Labu Air Campur Jahe Setiap Pagi)

Bahkan, setelahnya peneliti memperhitungkan faktor risiko lainnya dari kebiasaan minum alkohol berlebihan. Anda mudah mengalami obesitas dan penyakit kardiovaskular. Lebih fatal lagi risiko itu disebabkan karena merokok.

Laki-laki muda yang rata-rata mengonsumsi alkohol hingga 40 gram setiap hari, memicu dua kali risiko penyakit liver. Sementara remaja yang minum 51-60 gram sehari memiliki lebih dari empat kali lipat risiko penyakit liver.

"Kami menemukan bahwa sebagian besar subjek penelitian yang pada akhirnya mengembangkan penyakit hati berat, apalagi bagi orang-orang yang menyalahgunakan minuman beralkohol," ujar Peneliti Dr Hannes Hagstrom dari Rumah Sakit Universitas Karolinska di Stockholm, dilansir Foxnews, Rabu (7/3/2018).

Di Amerika Serikat misalnya, satu minuman standar mengandung 14 gram alkohol. Tapi orang tak cukup minum satu botol saja. Juga, kandungan segelas wine 5 ons mengandung 1,5 ons alkohol. Cukup ringan memang, tapi kalau diminum berlebih juga akan menimbulkan efek samping.

Sebelumnya, juga ada beberapa penelitian yang menunjukkan peningkatan risiko penyakit liver. Itu terjadi saat pria minum lebih dari 30 gram alkohol setiap hari atau saat wanita mengonsumsi lebih dari 20 gram sehari.

Secara keseluruhan, remaja laki-laki dalam penelitian itu rata-rata mengonsumsi hampir 9 gram per hari. Sementara sekira 6% mengaku tidak minum sama sekali, dan hampir 5% mengonsumsi lebih dari 60 gram per hari.

Selama hampir empat dekade masa tindak lanjut, 2.661 pria didiagnosis dengan penyalahgunaan alkohol. Kira-kira satu dari 10 orang ini terus mengembangkan penyakit liver yang lebih parah.

  (Baca Juga: Kebiasaan Terlalu Banyak Minum Berisiko Pada Kesehatan Tubuh)

Selain itu, 386 pria didiagnosis menderita hepatitis, dengan hampir satu dari empat pria ini terus mengembangkan penyakit berat itu. Penelitian ini bukan percobaan terkontrol yang dirancang untuk membuktikan tentang kebiasaan minum alkohol di awal kehidupan.

Meski begitu, hasilnya menunjukkan jumlah ambang alkohol yang terkait dengan kerusakan hati, yang mungkin lebih rendah dari perkiraan sebelumnya. Karena minuman beralkohol mudah sebabkan seseorang mengalami kecanduan.

"Sudah tak diragukan lagi, kebiasaan minum alkohol sebabkan orang jadi kecanduan. Sementara kalau terbiasa konsumsi minuman ini sejak muda, risikonya dapat mengintai hingga masa tuanya," papar Peneliti Psikiatri di Washington University School of Medicine di Saint Louis, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini