nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyebalkan Jika Sahabat Meniru Gaya Anda, Tapi Ini yang Mestinya Dilakukan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 14:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 08 196 1869684 menyebalkan-jika-sahabat-meniru-gaya-anda-tapi-ini-yang-mestinya-dilakukan-61V610d3yr.jpg Sahabat Anda Suka Meniru Gaya Anda (Foto: Bustle)

HAL yang akhirnya membedakan Anda dengan orang lain sebetulnya adalah karakter. Mau secantik atau setampan Anda jika attitude dan sifat diri tidak positif, ya, orang lain tetap saja ada yang tidak suka dengan Anda. 

Salah satu masalah yang kemudian muncul terkait karakter adalah meniru karaker demi mendapatkan citra baik di masyarakat, atau yang biasa disebut dengan "copycat". Tidak usah jauh-jauh membahas orang lain, sadar atau tidak sahabat Anda sendiri juga mungkin melakukan hal ini. 

Dilansir dari Bustle, Kamis (8/3/2018), menurut Psikolog dari New York Dr. Peggy Drexler, setiap manusia sejatinya memiliki karakter dirinya sendiri. Namun, banyak di antara mereka yang mungkin belum bisa menemukan hal tersebut. Alhasil, mereka mencarinya dari melihat orang lain dan tidak jarang orang terdekatnya yang dia jadikan panutan.

Sebetulnya hal ini baik. Ya, asalkan masih dalam koridor positif, kenapa harus dilarang. Namun, yang menjadi masalah kemudian adalah kesamaan karakter itu yang kemudian membuat orang yang punya ciri khas "utama" merasa dicuri identitasnya.

"Dibutuhkan usaha lebih untuk menemukan gaya Anda sendiri atau mengasah kepribadian Anda. Di zaman sekarang, cara yang mungkin bisa Anda lakukan instan adalah memperbaiki kepribadian media sosial Anda," Dr. Peggy Drexler.

Peggy melanjutkan, terkadang orang bisa melihatnya lebih mudah menirukan orang lain daripada harus mencari yang baru, atau yang tersembunyi dalam diri Anda. Hal ini yang kemudian membuat sebagian orang memilih mengambil ciri orang lain dan mematenkannya sebagai kepunyaan dia.

Kesal mungkin sikap yang wajar dilakukan. Tapi, semua tahu bahwa tindakan ini sangat negatif. Nah, Peggy coba memberikan alternatif cara lain untuk mengatasi masalah "copycat" ini, berikut paparannya:

1. Introspeksi diri

Jangan kemudian Anda marah saat sahabat sendiri sepertinya melakukan "copycat" pada diri Anda. Yang harusnya dilakukan pertama adalah bercermin. Maksudnya adalah apalah ciri khas yang Anda miliki sekarang benar-benar bakat atau keistimewaan diri Anda atau sebetulnya Anda pun mencuri dari orang lain.

2. Ambil sisi positifnya

Bicara mengenai keistimewaan ini bisa juga berupa barang atau gaya berpakaian yang memang sudah menjadi ciri khas Anda. Nah, mungkin yang bakal Anda lakukan ketika teman Anda membeli barang dan bergaya sama seperti Anda adalah mengomentarinya. Tapi, cobalah sekarang untuk melihat sisi positifnya. Yang terpenting hal itu tetap baik untuk kedua belah pihak, ya, kenapa tidak?

3. Sedikit "berbohong"

Ini mungkin tindakan yang tidak begitu direkomendasikan. Namun, ketika Anda sudah sangat mengetahui bahwa teman Anda memang mengikuti gaya Anda, maka yang bisa dilakukan adalah menjawab pertanyaannya dengan, "Duh, ini dikasih dari nyokap atau tante" saat Anda ditanya beli dimana kalung atau sepatunya.

4. Bicara langsung ke orangnya

Ini mungkin terdengar sangar, karena Anda mencoba bicara langsung ke orangnya. Namun, niat di awal adalah untuk membahas sikapnya terhadap Anda. Jangan kemudian bersikap seperti "melabraknya". Bagaimana pun dia tetap teman Anda dan mungkin komunikasi yang baik bisa menjadikan persahabatan Anda menjadi lebih erat.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini