nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masyarakat Indonesia Dilarang Bawa Oleh-Oleh Buah Impor yang Tercemar Listeria

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 14:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 08 298 1869666 masyarakat-indonesia-dilarang-bawa-oleh-oleh-buah-impor-yang-tercemar-listeria-aZfpxs3gyY.jpg Ilustrasi buah (Foto: Ginger)

BANYAK sekali orang Indonesia pergi keluar negeri lalu membawa oleh-oleh buah segar. Namun, sejak ada kabar banyaknya buah yang terpapar listeria, pemerintah melarang kebiasaan itu.

Pemerintah mengimbau kepada masyarakat yang pulang dari Australia, Malaysia, Singapura, Uni Emirat Arab, Qatar, Jepang, Hongkong, Oman dan Kuwait tidak membawa buah-buahan ke Indonesia. Pengawasan di bandara internasional juga akan ditingkatkan sehubungan dengan kasus ini.

 BACA JUGA:

7 Minuman Enak untuk Detoks Ginjal

Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini mengatakan, pemerintah Indonesia tidak ingin kecolongan dengan kasus buah yang mengandung bakteri listeria. Karena ini bisa mengancam nyawa manusia dan keselamatan masyarakat konsumen.

"Ini soal keselamatan konsumen. Kita tidak akan membuka peluang risiko (korban-red)", ujar Banun lewat siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (8/3/2018).

Adapun temuan listeria yang ditemukan dalam buah melon yang mengancam nyawa manusia mengandung jenis listeria monocytogenes. Kalau ditemukan patogen itu, buah melon harus dimusnahkan.

Bakteri ini membentuk biofilm, yakni terbentuknya lapisan lendir pada permukaan makanan. Bakteri ini merupakan pemicu penyakit infeksi yang cepat menyerang pencernaan. Penderita bisa mengalami gejala seperti demam, diare, dan segala bentuk infeksi lainnya.

Untuk pencegahan, Barantan terus berkomunikasi dengan pemerintah Australia agar lebih mudah mengawasi impor buah ke negara lain, termasuk Indonesia. Meski selama ini belum ada impor buah melon langsung ke Indonesia dari Negeri Kanguru.

"Masyarakat tidak perlu cemas, kita akan terus menjaga. Saya kira buah lokal tetap jadi pilihan terbaik bagi kita", tambah Banun.

Kemudian, pemerintah mengajak masyarakat untuk lebih memilih makan buah lokal yang lebih sehat. Seperti manggis, sirsak, mangga Indramayu, jeruk, jambu biji.

 BACA JUGA:

Berdampak Fatal, Ibu Hamil Patut Mewaspadai Penularan Bakteri Listeria dari Rock Melon

Pemerintah menjamin bahwa buah lokal dari segi penanamannya aman dan lebih sehat. Masyarakat juga harus mengunggulkan buah lokal dengan mengonsumsinya setiap hari.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini