nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Perempuan Internasional, Inilah Ada Coleman si Bartender Perempuan Pertama di Dunia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 15:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 08 298 1869732 hari-perempuan-internasional-inilah-ada-coleman-si-bartender-perempuan-pertama-di-dunia-ZRAmAtcI24.jpg Ada Coleman (Foto: Thedailybeast)

APA yang ada di pikiran Anda ketika mendengar istilah 'bartender'? Ya, peracik minuman itu biasanya identik dengan laki-laki dengan kharisma yang cukup memikat hati perempuan.

Menjadi seorang bartender tidak hanya mahir dalam memadupadankan minuman satu dengan lainnya, tapi sosoknya pun penting untuk dilihat. Bahkan, kemampuannya dalam memainkan botol pun menjadi daya tarik tersendiri.

Tapi, apakah Anda percaya bahwa pekerjaan yang identik dengan laki-laki ini juga ternyata diminati kaum Hawa? Di Hari Wanita Internasional ini, Okezone coba memberitahu Anda bahwa ada bartender pertama di dunia yang mana dia berjenis kelamin wanita. Siapa dia?

 (Baca Juga: Mengenal Asal Usul Hari Perempuan Internasional)

Dilansir dari Cocktails and Bars, bartender perempuan itu bernama Ada Coleman atau akrab disapa Coley. Tidak hanya terkenal dengan bartender perempuan pertama, Coley juga ternyata pernah menciptakan cocktails yang cukup terkenal sampai sekarang. Minuman itu diberi nama Hanky Panky.

Perlu Anda ketahui, Hanky Panky pertama kali disajikan di American Bar di The Savoy Hotel, London. Sejarah ini juga yang membuat cocktail Coley masuk dalam salah satu hidangan paling disukai dan diabadikan dalam buku The Savoy Cocktail Book yang ditulis Harry Craddock.

Sedikit informasi Ada Coleman sudah menjadi bartender di Bar tersebut sejak 1903 hingga 1926. Coley pun diketahui menjadi bartender pertama yang eksis dalam dunia cocktail di seluruh dunia.

  (Baca Juga: Unik! Restoran Ini Suguhkan Makanan Berbentuk Arang, Pensil, dan Dessert yang Bisa Meledak)

Terkait dengan Hanky Panky, berdasar literatur yang ada, Coley membuat minuman itu bukan iseng belaka. Jadi, cocktail tersebut dia buat untuk Sir Charles Hawtrey. Jadi bukan sembarang cocktail.

Nah, rahasia dari Hanky Panky pun kini sudah banyak diketahui masyarakat. Bagi Anda yang mau tahu bagaimana rasanya, mungkin dari daftar komposisi ini bisa terbayang bagaimana rasa cocktail yang satu ini

  (Baca Juga: Masyarakat Indonesia Dilarang Bawa Oleh-Oleh Buah Impor yang Tercemar Listeria)

Komposisi Hanky Panky

- 45 ml gin

- 45 ml sweet vermouth

- 2 dashes Fernet-Branca

Bagaimana, penasaran dengan rasanya? Silakan buat sendiri di rumah.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini