nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dilarang Santap Rockmelon, 5 Jenis Melon ini Bisa Jadi Alternatif

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 17:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 08 298 1869790 dilarang-santap-rockmelon-5-jenis-melon-ini-bisa-jadi-alternatif-HC2yuGb9OL.jpg Horned Melon, jenis melon yang banyak ditemukan di Afrika (Foto: Parade)

BARU-BARU ini masyarakat Indonesia tengah digemparkan oleh isu wabah listeria yang telah memakan korban jiwa. Setelah ditelusuri, wabah listeri ternyata berasal dari buah rockmelon asal Australia yang telah terinfeksi bakteri listeria monocytogenes.

Bakteri tersebut merupakan spesies bakteri patogen yang dapat menyebabkan infeksi listeriosis. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pemerintah telah mengimbau agar masyarakat menghindari konsumsi rockmelon atau melon jingga yang kini masih banyak beredar di pasaran.

Sebagai alternatif, Okezone telah merangkum 5 varian melon yang aman untuk dikonsumsi. Berikut ulasan lengkapnya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Kamis (8/3/2018).

 (Baca Juga: Mengenal Rockmelon, Melon Australia yang Disebut Penyebar Bakteri Listeria)

Melon hijau

 

Anda mungkin sudah familier dengan varian melon yang satu ini. Melon hijau atau juga disebut dengan musk melon, memiliki ciri khas kulit yang tebal dan kasar serta bertekstur seperti jala. Daging buahnya memiliki cita rasa yang manis dengan aroma harum mengundang selera. Selain lezat, melon hijau mengandung vitamin C yang ampuh untuk meningkatkan kadar kolagen di dalam kulit sehingga bisa mencegah penuaan dini.

Watermelon

 

Banyak yang tidak mengetahui bahwa semangka atau watermelon juga termasuk jenis melon. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa varian melon yang satu ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi serta mengandung lycopene yang baik untuk tubuh. Kandungan lycopene inilah yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini, menghilangkan kerutan di wajah, meningkatkan gairah seks, serta menghilangkan dehidrasi.

  (Baca Juga: Bakteri Listeria pada Melon Australia Picu Infeksi Otak)

Melon emas

 

Melon emas atau golden melon menjadi sangat populer karena warnanya yang sangat unik dan menarik perhatian. Selain itu, daging buah ini memiliki rasa yang cukup manis, meski aromanya tidak setajam varian melon pada umumnya. Tekstur kulit melon emas cenderung kasar seperti melon hijau, tapi daging buahnya mengandung banyak vitamin dan nutrisi esensial seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalsium, protein, fosfer, dan masih banyak lagi. Menurut para ahli, mengonsumsi melon emas secara rutin dipercaya ampuh mencegah penyakit jantung dan menyehatkan mata.

Melon madu

 

Sesuai dengan namanya, melon madu ini memiliki rasa yang paling manis dibandingkan jenis melon lainnya. Berbeda dengan melon hijau. melon madu memiliki tekstur kulit yang lembut berwarna kuning, namun dagingnya sama-sama memiliki warna hijau muda. Dengan tekstur kulit yang lembut, tak heran jika melon madu memiliki aroma harum yang sangat tajam.

Horned melon

 

Horned melon merupakan buah unik yang berasal dari Afrika dan hingga saat ini masih sulit ditemukan di Indonesia. Ciri khasnya horned melon sendiri terletak pada tekstur kulitnya yang bertanduk-tanduk, serta memiliki daging buah yang menyerupai markisa. Untuk menikmati buah tersebut, Anda harus menunggunya hingga benar-benar matang. Jika dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang, rasanya akan cenderung pahit dan memiliki bahan kimia alami yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini