nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmatnya Menyeruput Teh dari Timur Tengah

Sindonews, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 20:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 08 298 1869876 nikmatnya-menyeruput-teh-dari-timur-tengah-LLcXyBop8F.jpg Teh dari Timur Tengah (Foto:Ramadhanadiputra)

MINUMAN kafein yang satu ini banyak penggemarnya. Teh yang terbuat dari infusi dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinens atau jenis lainnya ini juga punya banyak campuran.

Ada berbagai macam teh khas, bahkan setiap daerah punya varian rasa teh unik, termasuk Timur Tengah. Salah satunya teh Arab yang mendapat pengaruh dari wilayah Yaman dan Arab Saudi, yakni adeni tea. Adeni tea memiliki campuran berupa rempah, seperti kapulaga, goal para, kayu manis, cengkeh, ditambah susu sapi murni.

BACA JUGA:

Resep Gulai Kambing Kacang Hijau dan Tahu Gimbal untuk Menu Makan Malam

Rasa adeni tea yang khas dengan aroma rempah Timur Tengah ini tentu berbeda dengan teh umumnya di Indonesia. Minuman tidak langsung diberi tambahan gula, tetapi biasanya dinikmati bersama kurma sebagai penggantinya,” ungkap Ely Yuliantini, Operational Manager Restoran Aljazeerah Adeni tea juga disebut shai adeni atau shai mulaban yaitu teh susu Yaman.

Teh terbuat dari teh hitam yang diseduh dengan susu kental. Gula, kapulaga, dan cengkeh merupakan bahan utama teh. Teh populer di Yaman ini juga ada di Somalia Utara. Adeni tea disajikan dalam satu pot wadah sedang atau besar untuk kemudian dituangkan ke gelas ukuran mungil.

Selain adeni tea dari Arab, bila ke wilayah seperti India dan Nepal, Anda bisa menemukan minuman teh serupa, tetapi ada beberapa perbedaan campuran rempah. Di Nepal ada masala tea dan Nepal spices tea yang terasa sekali rempahnya. Hampir mirip, minuman ini juga menempatkan rempah kapulaga, selain ada tambahan susu di dalamnya.

 BACA JUGA:

Unggah Foto Makanan ke Instagram Buat Porsi yang Dimakan Jadi Lebih Banyak?

“Masala tea akan lebih enak dan kuat rasanya bila dicampurkan dengan Nepal spices tea ,” ungkap salah seorang pedagang teh di Nepal. Seperti milk tea , tetapi lebih kuat lagi aroma rempahnya, teh ini pun lebih cocok dinikmati selagi panas.

Jika memesan masala tea , biasanya tamu menambahkan sendiri gulanya sesuai keinginan. Tidak seperti adeni tea yang cenderung tidak memakai gula, karena ada kurma yang menjadi penggantinya, masala tea sangat perlu menambahkan gula sesuai selera agar rasanya lebih seimbang.

Berbeda dengan adeni tea yang ditempatkan dalam ceret dan dituang pada beberapa gelas kecil, masala tea disajikan dalam satuan gelas sedang atau besar untuk diminum per gelas.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini