Ini 5 Manfaat Brokoli yang Tak Pernah Anda Sangka

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 08 298 1869910 ini-5-manfaat-brokoli-yang-tak-pernah-anda-sangka-aP4M6zJuEL.jpg Brokoli (Foto: NST)

KITA pasti sering mendengar bahwa brokoli adalah salah satu makanan sehat yang banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi karena punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebagaimana dilansir Ndtv, Jumat (9/3/2018) disebutkan bahwa brokoli sarat dengan vitamin C yang ramah kulit dan juga serat yang ramah berat badan. Brokoli terkenal memiliki sifat pencegahan kanker dan perbaikan kerusakan DNA. Menurut ahli gizi, Dr. Anju Sood, sayuran rendah kalori adalah gudang antioksidan dan mineral penting. Orang-orang yang ingin sehat bugar atau ingin menurunkan berat badan harus memenuhi asupan brokoli dalam asupan makanan yang dikonsumsi, hadir dengan konten serat yang tinggi maka dari itu brokoli bisa membantu untuk menurunkan berat badan yang cepat dan sehat.

Selain kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada kebanyakan buah-buah citrus, brokoli juga diketahui mengandung sejumlah vitamin B1, B2, B3, B6, zat besi, magnesium, folat, potasium, dan seng.

 (Baca Juga: Terungkap Alasan Aneh Albert Einstein Memutuskan Jadi Vegetarian)

Nah, dengan kandungan sehat yang dimiliki maka tidak heran brokoli punya berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat brokoli? Yuk simak pemaparan singkatnya dalam artikel di bawah ini.

1. Menyehatkan kulit

Selain kandungan vitamin C yang melimpah, brokoli juga mengandung sejumlah asam pantotenat yang memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Menurut buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing, brokoli mengandung asam pantotenat yang melimpah, senyawa beta karoten dan belerang, yang semuanya mendorong kesehatan kulit. Ditambah dengan kandungan vitamin C yang kaya, yang membantu pembentukan kolagen dan membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

2. Meningkatkan imunitas

Vitamin C tinggi yang ada pada brokoli disebutkan dapat meningkatkan tingkat imunitas tubuh. Sebuah 100 gram brokoli mengandung 89 gram vitamin C, yang lebih dari banyak buah sitrus. Ditambah dengan beta karoten dan sejumlah antioksidan yang membuatnya jadi sayuran sempurna untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Tahukah Anda bahwa brokoli hadir dengan jumlah karotenoid yang tinggi sehingga bermanfaat untuk penglihatan dan kesehatan mata? Brokoli diketahui terutama kaya akan lutein, karotenoid alami yang membantu menjaga penglihatan dan penglihatan di waktu malam dengan baik. Lutein juga bisa bermanfaat bagi kesehatan serta sirkulasi jantung.

4. Membantu proses penurunan berat badan

Bagi yang sedang usaha menurunkan berat badan, maka mengonsumsi brokoli jangan sampai dilewatkan. Sebab, brokoli punya kandungan serat yang ramah berat badan, dengan adanya serat ini maka membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga secara tidak langsung akan menjauhkan diri untuk makan makanan yang tidak perlu.

  (Baca Juga: Masker Bir untuk Dapatkan Rambut Sehat, Ikuti Panduan Membuatnya)

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Hadir dengan kandungan beberapa mineral yang lezat seperti kalium dan magnesium. Serat tinggi brokoli dan asam lemak omega-3 disebutkan dapat membantu menjaga level kolesterol jahat. Sedangkan kalium dalam brokoli bekerja sebagai vasodilator dan memeriksa tingkat tekanan darah dalam tubuh.

Brokoli memiliki tekstur yang kokoh namun berair sehingga perlu dimasak dengan benar. Dalam mengolah brokoli, bisa dengan cara dipanggang, tumis, atau dibakar, atau bisa juga dikukus seperti kesukaan beberapa orang. Namun, disebutkan cara terbaik mengonsumsi brokoli ialah dimakan saat masih segar. Agar tetap segar, brokoli bisa disimpan di rak wadah khusus sayuran, hingga di dalam kantung berlubang tanpa dicuci terlebih dahulu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini