Share

Ekstrak Daun Stevia dalam Kecap, Solusi Makan Enak Aman bagi Penderita Diabetes

Vessy Frizona, Okezone · Kamis 08 Maret 2018 22:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 08 298 1869961 ekstrak-daun-stevia-dalam-kecap-solusi-makan-enak-aman-bagi-penderita-diabetes-dEGwJvv60Q.jpg Daun Stevia (Foto: Vessy/Okezone)

KALORI yang terkandung dalam gula sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Penyakit yang berisiko kematian ini tidak hanya disebabkan karena faktor genetik tetapi juga gaya hidup yang tidak sehat.

Berdasarkan fakta dari Nielsen's New Global Health and Ingredient-Sentiment Survey yang dirilis akhir 2016 mengenai pola makan masyarakat modern di Indonesia, menunjukkan bahwa 70% responden menjalani diet tertentu untuk menghindari berbagai penyakit degeneratif. Yang menarik, survei tersebut juga menunjukkan bahwa 68% responden mulai tergerak untuk berinvestasi lebih pada makanan dengan kandungan yang sesuai diet mereka.

Sementara itu survei lain menemukan tren makanan di Indonesia menunjukkan bahwa saat ini 8% dari konsumen di Indonesia mulai berinvestasi pada makanan yang lebih sehat, dan diperkirakan jumlah ini akan terus meningkat hingga 24% di 4-5 tahun mendatang.

 (Baca Juga: Tourism New Zealand Tambahkan Daftar Restoran dan Kafe Halal untuk Wisatawan Muslim)

Salah satu makanan manis yang digemari masyarakat Indonesia adalah masakan yang menggunakan kecap, yang mana terdapat kandungan gula sebagai pemanis. Tentu ini cukup berbahaya bagi penderita diabetes. Untuk itu sebagai pengganti gula diperlukan bahan alami lain yang membuat rasa kecap tetap manis.

 

(Daun stevia, foto: Vessy)

Dokter dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK selaku seorang Spesialis Gizi menerangkan, salah satu langkah tepat dalam menerapkan gaya hidup sehat adalah dengan lebih memerhatikan pilihan bahan makanan dan kandungannya tanpa harus mengorbankan kelezatan hidangan yang kita olah, contohnya stevia sebagai pengganti gula.

“Stevia adalah bahan pemanis alami yang sedang digemari. Terbuat dari ekstrak daun stevia. Kini stevia dipakai sebagai pemanis pengganti gula dalam kecap. Rasa manis dari satu cup gula pasir sama manisnya dengan seperdelapan ekstrak stevia,” ungkap dokter Diana saat ditemui dalam acara peluncuran Kecap Bango Light di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (8/3/2018).

  (Baca Juga: Terungkap Alasan Aneh Albert Einstein Memutuskan Jadi Vegetarian)

Sehingga, sambungnya kecap aman dihidangkan untuk bahan masakan atau digunakan saat proses memasak, atau sebagai pelengkap – seperti untuk topping atau cocolan.

Hernie Raharja selaku Foods Director PT Unilever Indonesia Tbk. Menuturkan pemanis alami stevia dengan kandungan gula 30% lebih rendah dapat menjadi pilihan untuk menikmati kelezatan aneka kuliner Nusantara dengan cara yang lebih sehat.

“Selain stevia, kedelai hitam Malika dan gula kelapa berkualitas tetap dipergunakan sebagai bahan dasar, sehingga kecap agar tetap menjadi pilihan tepat untuk memperkaya kelezatan aneka hidangan,” paparnya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini