7 Gejala Lupus seperti Selena Gomez, Nomer 3 Sering Diabaikan Perempuan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 08 481 1869566 7-gejala-lupus-seperti-selena-gomez-nomer-3-sering-diabaikan-perempuan-rMwdaIzwLw.jpg Ilustrasi (Foto: Achieveclinical)

KASUS Selena Gomez yang sudah mengidap lupus tentunya perlu mendapatkan perhatian khusus. Jika merunut pada data, ternyata memang perempuan berusia produktif yang paling banyak terserang masalah ini.

Kesadaran akan masalah lupus perlu ditambahkan lagi bagi setiap orang, tidak hanya perempuan. Penanganan terlambat karena banyak faktor yang kemudian membuat penderita lebih lama mendapatkan kesembuhan. Ini juga yang akhirnya membuat angka hidup penderita menjadi sedikit.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. dr. Iris Rengganis, perempuan memang paling rentan akan penyakit autoimun. Sampai saat ini sebetulnya belum ada faktor penyebab yang paling tepat untuk menjelaskan alasannya.

"Namun, seperrtinya hormonal yang kemudian menyebabkan masalah ini paling banyak diderita perempuan. Bagaimana pun perubahan hormon dan pengatruh perubahan hormon yang lebih mudah dirasakan perempuan menjadi masalah dari penyakit ini," terang dr. Iris pada awak media, Rabu 7 Maret 2018.

Nah, untuk menambah pemahaman mengenai masalah ini, tidak ada salahnya Anda untuk mengetahui beberapa gejala penyakit lupus.

1. Kulit

Kondisi ini banyak dikenal sebagia tanda awal masalah lupus. Biasanya dapat dikenali dengan munculnya ruam di bagian hidung sampai sebagian pipi yang membentuk kupu-kupu. Namun, secara sepsifik, sebetulnya ada 3 kondisi; lupus kutaneous kronis (diskoid), lupus kutaneous subakut, dan lupus kutaneous akut.

Untuk lupus diskoid biasanya tanda yang muncul adalah bercak sisik merah tebal pada kulit. Kemudian pada lupus subakut, tandanya sama hanya pada bagian sisi yang berbeda. Sementara itu, untuk lupus akut hanya berupa ruam. Ruamnya sendiri biasa terjadi pada 30 sampai 60% pasien. Tanda lainnya adalah rambut rontok, muncul bisul di mulut dan hidung, dan lesi pada kulit.

2. Otot dan tulang

Biasanya penderita lupus juga punya masalah pada nyeri sendiri. Sendi yang biasanya diserang adalah sendi kecil tangan dan pergelangan tangan, sekalipun semua sendi berisiko. Kurang dari sepuluh persen penderita radang lupus akan mengalami kelainan pada tangan dan kaki. Orang dengan masalah ini juga berisiko terserang tuberkulosis osteoartikular.

3. Darah

Anemia merupakan tanda yang sering terabaikan dari masalah ini. Perlu Anda ketahui, anemia banyak diidap lupus pada anak-anak dan kondisi ini bisa berkembang sekitar 50% pada semua kasus. Sebetulnya, anemia ini terjadi karena penyakit ini memang menyerap banyak darah putih juga. Alasan lain kenapa pasien lupus bisa anemia adalah pengobatan! Penderita lupus juga memiliki hubungan dengan sindrom autoantibodi antifosfolipid (gangguan trombotik).

4. Jantung

Penyakit lupus juga ternyata bisa menyebabkan perikarditis atau pembengkakan lapisan luar yang mengelilingi jantung, miokarditis atau pembengkakan otot jantung, dan/atau enkarditis atau radang pada lapisan dalam jantung. Perlu Anda sadari endokarditis lupus tidak menular.

5. Paru-paru

Peradangan pada pleurae yang dikenal sebagai pleurisy jarang dapat menyebabkan sindrom paru yang menyusut. Nah, lupus bisa menyebabkan nyeri pleuritik dan menyebabkan sindrom paru mengecil. Yang mana ini menyebabkan penurunan volume paru-paru.

6. Ginjal

Munculnya darah atau protein dalam urin sering menjadi satu-satunya tanda ginjal yang bermasalah. Kerusakan ginjal akut atau kronis dapat terjadi dengan nefritis lupus yang menyebabkan masalah ginjal akut.

7. Reproduksi

Lupus biasanya menyebabkan peningkatan tingkat kematian janin dalam rahim dan aborsi spontan ata keguguran.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini