nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Minuman Enak untuk Detoks Ginjal

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 13:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 08 481 1869652 7-minuman-enak-untuk-detoks-ginjal-qu7gBpK0uH.jpg Jus lemon (Foto: Ist)

GINJAL merupakan organ yang memberikan peranan penting dalam proses pembuangan segala jenis racun dan kotoran. Racun dapat memberikan pengaruh yang buruk hingga menyebabkan infeksi penyakit pada tubuh.

Jika ginjal Anda tidak sehat maka fungsinya dalam menyaring racun dan kotoran akan hilang dan menyebabkan penyakit batu ginjal.

Untuk menghindarinya Anda dapat mengkonsumsi minuman yang dapat mendetoksifikasi tubuh. Melansir dari Boldsky, Kamis (8/3/2018) berikut daftar minumannya:

 BACA JUGA:

Berdampak Fatal, Ibu Hamil Patut Mewaspadai Penularan Bakteri Listeria dari Rock Melon

Jus cranbery

Jus ini sangat cocok bagi orang yang menderita infeksi saluran kencing. Cranberry juga berguna untuk membersihkan ginjal dari kalsium oxalate berlebih yang menyebabkan batu ginjal.

Jus lemon

Secara alami lemon memiliki sifat asam dan terbukti dapat meningkatkan kadar sitrat dalam urin. Hal itu akan menurunkan pembentukan batu ginjal. Dengan meminum segelas jus lemon setiap hari Anda dapat terhindar dari penyakit ini.

Cuka aple

Cuka apel bagus untuk kesehatan apalagi dalam menghilangkan racun tubuh terutama pada ginjal. Adanya asam sitrat, asetat dan fosfor pada cuka apel dapat membantu mencegah dan memecah batu ginjal.

Berry smoothies

Kandungan vitamin, mineral, antioksidan dan flavonoid pada buah-buahan beri seperti blueberi, rasberi, blackberi dan cranberi dapat menangkal radikal bebas dari tubuh. Dengan demikian buah beri dapat meminimalisir penyakit tersebut.

 BACA JUGA:

Ibu Hamil Berisiko Tinggi Alami Gagal Ginjal Kronis

Jus wortel

Wortel kaya akan karotin yang dapat membantu melawan kanker dan menghilangkan racun serta logam berat pada ginjal. Serat yang ada pada wortel akan mengikat racun dan menghilangkannya.

Air kelapa

Air kelapa adalah minuman alami yang menyengarkan dan bagus untuk kesehatan ginjal. Airnya hanya mengandung sedikit asam, gula, dan tidak ada kalori serta kandungan elektrolit tinggi yang bermanfaat untuk fungsi ginjal. Selain itu Anda dapat mengembalikan ion tubuh dengan mudah hanya dengan meminum air kelapa.

Nanas smoothie

Nanas mengandung banyak nutrisi dan antioksidan. Dalam buah ini juga terdapat pitonutrisi yang disebut dengan bromelain atau enzim. Enzi mini membantu proses kerja ginjal secara optimal, meringankan iritasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini