nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sehatkah Penderita Penyakit Ginjal Makan Kacang Merah?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 08 481 1869722 sehatkah-penderita-penyakit-ginjal-makan-kacang-merah-OizxHQ99PL.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

SETIAP 8 Maret diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia. Tema untuk Hari Ginjal Sedunia 2018 adalah Penyakit Ginjal dan Kesehatan Wanita yang selaras dengan Hari Perempuan Internasional.

Ketika harus menjaga kesehatan secara keseluruhan, diet memainkan peran utama. Diet sehat yang terdiri dari sejumlah nutrisi yang tepat dapat membantu mencegah serta melawan infeksi dan penyakit dengan meningkatkan imunitas.

Namun, ketika menderita penyakit apapun, menjaga asupan makanan adalah suatu keharusan untuk pemulihan yang cepat. Aturan yang sama juga berlaku saat Anda terkena penyakit ginjal.

Satu pertanyaan diet terkait dengan kesehatan ginjal adalah apakah kacang merah baik untuk ginjal? Laman Thehealhsite mengajukan pertanyaan tersebut kepada Dr Bhavesh Vora, Senior Nephrologist di Asian Heart Institute, Breach Candy and Sushrut Hospital. Berikut yang dikatakan olehnya:

Kacang merah untuk ginjal, apakah itu baik?

Kacang merah bagus untuk kesehatan keseluruhan, termasuk ginjal. Kacang merah kaya nutrisi seperti mineral, serat dan vitamin B12. Kacang merah tidak hanya rendah lemak, tapi juga rendah indeks glikemik yang menjadikannya pilihan sehat bagi penderita diabetes.

Selain itu, kacang merah juga bisa membantu mengendalikan kolesterol dan menurunkan berat badan. Tapi, jika Anda menderita penyakit ginjal, mungkin bukan ide bagus untuk makan kacang merah. Hal ini karena kacang merah kaya potasium dan magnesium yang bisa memberi tekanan pada ginjal dan semakin memperburuk kondisi.

Karenanya, dokter biasanya tidak merekomendasikan kacang merah untuk penderita penyakit ginjal kronis. Namun, asupan kacang merah bisa disesuaikan berdasarkan tingkat keparahan dan stadium penyakit ginjal.

Meski mungkin bukan ide bagus untuk orang dengan masalah ginjal, individu sehat bisa mengonsumsi kacang merah. Namun, jika Anda menderita penyakit ginjal dan ingin memakan kacang ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukkan kacang merah ke dalam diet harian Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini