nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dengar Musik Sambil Berolahraga Terbukti Tingkatkan Motivasi

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 08 481 1869831 dengar-musik-sambil-berolahraga-terbukti-tingkatkan-motivasi-dUoHRdhCLU.jpg Ilustrasi (Foto: Health)

BEBERAPA orang mungkin memilih untuk mendengarkan musik sambil berolahraga. Alasannya pun beragam. Salah satunya adalah menambah semangat untuk melakukan gerakan dan ternyata, hal itu benar adanya.

Sebuah penelitian dari Texas Tech University mengungkapkan jika tekanan jantung seseorang yang mendengarkan musik ketika berolahraga lebih lama dibandingkan dengan yang tidak. Hasil penelitian yang akan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American College of Cardiology di Orlando menunjukkan musik dapat membuat latihan yang sulit terlihat lebih mudah.

"Setidaknya dalam skala kecil penelitian ini memberikan beberapa bukti bahwa musik dapat membantu seseorang ketika berlatih. Musik berfungsi sebagai alat tambahan motivasi saat berolahraga yang sangat penting bagi kesehatan jantung," ujar penulis utama penelitian yang juga seorang kardiologi, Waseem Shami, MD seperti yang dikutip dari Health, Kamis (8/3/2018).

Hasil penelitian didapatkan setelah Waseem bersama rekannya merekrut 127 pasien untuk menjalani tes EKG. Tes tersebut biasa digunakan untuk mengukur respon jantung terhadap latihan yang semakin berat. Peserta tes diminta untuk menggunakan treadmill yang kecepatannya terus ditambah setiap menit. Namun setengah diantara peserta juga diminta untuk mendengarkan musik ketika berlatih di treadmill.

Di akhir tes terungkap jika peserta yang mendengarkan musik mampu bertahan hingga 8 menit dan 26 detik. Sedangkan peserta yang tidak mendengarkan musik hanya bertahan hingga 7 menit dan 35 detik. "Setelah enam menit berlatih di treadmill, seseorang akan merasa seperti mendaki gunung sambil berlari, bahkan melakukannya hampir satu menit lebih lama," tambah Dr Waseem.

Meskipun ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan musik dapat memengaruhi hasil tes stres jantung, para peneliti percaya bahwa temuan mereka dapat diterapkan pada latihan lain. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu memotivasi orang untuk berlatih sesuai keinginannya.

Sementara itu, ini bukan penelitian pertama yang menunjukkan bahwa irama musik dapat meningkatkan kinerja atletik . Beberapa penelitian sebelumnya bahkan menunjukkan bahwa seseorang lebih menikmati latihan intensitas tinggi ketika mendengarkan melodi favoritnya. Namun mendengarkan musik sambil berolahraga juga bisa berdampak negatif yaitu gangguan pendengaran.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini