Selain Kopi, Ini 2 Rekomendasi Resep Camilan untuk Begadang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 09 298 1870050 selain-kopi-ini-2-rekomendasi-resep-camilan-untuk-begadang-zNYS4wkYxf.jpg Pisang Goreng (Foto: Cooktube)

TENGGAT waktu atau deadline adalah sesuatu yang kerap menghantui para pekerja kantoran. Tak heran jika sebagian orang kerap lembur hanya untuk menyelesaikannya. Nah, kalau malam ini Anda berencana lembur atau begadang di rumah, yuk bikin camilan lezat untuk menemani aktivitas Anda.

Dikutip dari buku Aneka Gorengan Populer, karya Tim Dapur Demedia, Kamis (8/3/2018), berikut Okezone rangkumkan rekomendasi resep pastel mini isi ebi dan pisang kipas camilan spesial dan praktis buat begadang. Selamat mencoba.

Pastel Mini Isi Ebi

Bahan :

300 gram tepung terigu

50 gram tepung kanji

1 butir telur

80 gram margarin

1/2 sdt garam

100 ml air

tepung terigu untuk taburan

minyak untuk menggoreng

Isi :

2 sdm minyak untuk menumis

3 butir bawang merah, haluskan

1 siung bawang putih, haluskan

150 gram ebi, rendam dengan air panas sampai mengembang, cincang

1 sdt merica bubuk

1/2 sdt gula pasir

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, tepung kanji, telur, margarin, dan garam menjadi satu. Aduk dengan tangan sambil diberi air sedikit demi sedikit. Remas sampai menjadi adonan yang kalis (tidak lekat di tangan). Sisihkan;

2. Panaskan minyak lalu tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan sampai harum. Masukkan ebi sambil diaduk. Tambahkan merica bubuk dan gula pasir. Masak sampai ebi harum dan setengah masak. Angkat;

3. Taburkan sedikit tepung terigu, kemudian gilas adonan setebal 2 mm. Cetak lingkaran dengan diameter 3 cm. Beri 1/2 sdt ebi, kemudian lipat dan pilin tepinya. Goreng dengan minyak yang panas sampai kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Pisang Kipas

Bahan :

 

1/2 sisir pisang, kepok matang

1 butir telur, kocok lepas

75 gram gula pasir

1/2 sdt vanili

1/2 sdt garam

100 gram tepung terigu

50 gram tepung beras

200 ml air

minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Kupas pisang, lalu buat sayatan membujur sebanyak tiga buah. Usahakan agar sayatan tidak sampai putus. Sisihkan;

2. Campur telur, gula pasir, vanili, dan garam sampai gula laurt. Beri tepung terigu dan tepung beras. Cairkan dengan air. Aduk sampai menjadi adonan yang licin;

3. Celupkan pisang ke dalam adonan. Kembangkan irisannya, lalu goreng dalam minyak panas sampai kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini