Lebih Bernutrisi Mana, Daging Ayam atau Daging Kalkun?

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 09 298 1870170 lebih-bernutrisi-mana-daging-ayam-atau-daging-kalkun-YnIfC6mZnx.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa nilai gizi daging kalkun dan daging ayam? Dada kalkun dan dada ayam adalah produk unggas yang merupakan sumber protein paling banyak.

Daging ini masuk kategori daging tanpa lemak. Oleh karena itu, menyediakan protein penting untuk pertumbuhan otot.

Selain itu, daging kalkun dan daging ayam rendah kalori sehingga menjadikannya salah satu protein daging yang paling banyak dicari untuk pecinta penurun berat badan.

Pembangun tubuh dan pengamat penurunan berat badan mencoba menurunkan lemak tubuh mereka sebanyak mungkin, jadi mereka bisa mengonsumsi daging kalkun atau daging ayam. Tapi, apa nilai gizi kedua produk daging ini?

Seperti dilansir Boldsky, ada perbedaan antara daging ayam dan kalkun dalam hal nutrisi. Beriukut ulasannya

1. Profil Nutrisi

Daging kalkun dan daging ayam memiliki profil nutrisi yang serupa. Baik daging tanpa lemak dianggap daging putih. Sementara perbedaan antara daging kalkun dan ayam, kalkun menghilangkan semua poin untuk pembangun tubuh. Tapi, ayam tetap bisa menjadi bagian dari diet pembentuk tubuh.

2. Kalori

Daging ayam dan kalkun mengandung beberapa kalori yang berguna untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Namun, daging kalkun memiliki kalori terendah dibanding ayam. Dada kalkun tanpa tulang hanya berisi 123 kalori dan tanpa kulit, dada ayam tanpa tulang mengandung 135 kalori.

3. Asam Amino

Asam amino adalah unsur pembentuk protein. Asam amino memiliki efek pada peningkatan otot yang terkait dengan pertumbuhan dan perbaikan otot yang optimal. Daging kalkun lebih unggul dalam kandungan asam amino dibanding ayam.

4. Lemak

Daging kalkun jauh lebih ramping bila dibandingkan dengan ayam. Jika ingin menurunkan berat badan, daging kalkun menjadi pilihan terbaik. Tapi sekali lagi, daging ayam juga akan membantu tujuan penurunan berat badan Anda.

5. Protein

Menurut Institute of Medicine, wanita membutuhkan 46 gram protein, wanita hamil dan menyusui membutuhkan 71 gram protein setiap hari. Jadi, dada ayam dan dada kalkun keduanya akan memberi Anda 26 gram protein. Anda bisa makan protein tanpa lemak tiga kali seminggu untuk memenuhi kebutuhan protein.

6. Vitamin dan Mineral

Daging ayam dan kalkun keduanya memiliki vitamin dan mineral serupa. Vitamin B6, fosfor, riboflavin, dan lainnya, semuanya hadir dalam dua jenis daging ini. Selenium dan tembaga menjadi mineral tertinggi dalam kalkun membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

7. Karbohidrat

Daging ayam dan kalkun serupa bila menyangkut karbohidrat dan kolesterol. Kedua bentuk unggas itu tanpa kulit, rendah karbohidrat dan rendah lemak. Dad kalkun mengandung 70 miligram kolesterol dan dada ayam mengandung 90 miligram kolesterol.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini