nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Ampuh Hilangkan Bau Mulut Selepas Makan Bawang Putih

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 17:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 09 298 1870379 5-makanan-ampuh-hilangkan-bau-mulut-selepas-makan-bawang-putih-GnvS0Vcb34.jpg Apel penghilang bau mulut (Foto:Sunpride)


SELAIN memberikan cita rasa tersendiri dan menambah nikmat masakan, mengonsumsi bawang merah dan bawang putih memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Namun perlu diperhatikan, tentunya jika mengonsumsi bawang merah dan bawang putih ini, maka nafas atau aroma mulut pun bisa mengeluarkan bau tidak sedap atau biasa disebut bau bawang.

Aroma mulut yang tidak sedap yang disebabkan oleh bawang putih dan bawang merah ini disebutkan sebenarnya penyebabnya ialah, karena sejatinya bawang merah dan bawang putih itu berasal dari keluarga allium yang mengandung senyawa sulfur yang juga menghadirkan cita rasa pedas. Nah, ketika dipotong atau dihaluskan bawang ini disebutkan melepaskan gas dan berbaur dengan bakteri pemancar gas yang akhirnya bisa menyebabkan bau mulut.

BACA JUGA:

Seruput Thai Tea Enak di Jakarta, Ini 8 Rekomendasinya

Tetapi bukan berarti ini akan jadi halangan atau penganggu Anda untuk mengonsumsi bawang merah ataupun bawang putih. Sebab, jangan khawatir karena sebenarnya ada 5 cara memakai bahan makanan dan minuman yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan aroma mulut tidak sedap berkat bawang-bawangan ini. Apa saja? Melansir Ndtv, Jumat (9/3/2018).

1. Minum susu :

Disebutkan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Sciences, susu dapat secara signifikan mengurangi konsentrasi senyawa odourous yang dihasilkan oleh bawang putih dan bawang merah. Sebenarnya, susu utuh cenderung menghilangkan bau beberapa senyawa bau lebih efektif daripada susu yang berjenis susu tanpa lemak.

2. Lemon :

Kandungan asam sitrat yang ada dalam buah lemon diketahui dapat menetralkan bau bawang merah dan bawang putih di mulut. Selain itu, lemon juga hadir dengan sifat antibakteri yang akan membunuh bakteri penyebab bau mulut, yang perlu dilakukan mudah saja kok. Cukup campurkan satu sendok makan air jus lemon dengan secangkir air dan aduk rata. Baru bilas mulut dengan larutan ini paling sedikit 2-3 kali sampai baunya hilang.

3. Baking soda :

Ada lagi bahan rumahan yang bisa digunakan untuk membantu menetralkan napas dan menjaga keseimbangan pH di mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri. Caranya, cukup Tambahkan satu sendok teh baking soda ke air hangat dan sedikit garam. Gunakan larutan ini kumur-kumur selama beberapa kali sampai bau di mulut hilang.

BACA JUGA:

Laper Tapi Enggak Mau Repot? Simak 3 Rekomendasi Ayam Goreng Renyah Resto Cepat Saji

4. Makan gula :

Gula dikatakan sebagai salah satu obat yang efektif juga loh! Butiran kasar dari gula membantu menghilangkan bakteri yang meningkatkan bau mulut. Ambil beberapa butiran gula dan simpan di mulut beberapa saat sebelum dikunyah.

5. Apel :

Tahukah Anda bahwa enzim alami dalam apel disebutkan dapat membantu memecah senyawa sulfur? Sehingga bisa membantu untuk mengurangi bau mulut akibat bawang. Untuk apel ini, bisa diaplikasikan dengan cara makan satu potong buah apel atau langsung minum segelas jus apel.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini