Begini Cara Hindari Lidah Gatal saat Makan Nanas

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 09 298 1870386 begini-cara-hindari-lidah-gatal-saat-makan-nanas-X6YPWhmSeS.jpg Ilustrasi (Foto: Livestrong)

SEBAGIAN orang akan merasa lidahnya seperti terbakar atau gatal ketika terlalu banyak makan nanas. Anda yang turut merasakannya pun pasti bertanya-tanya penjelasan ilmiah di balik gatalnya lidah tersebut.

Sebuah film dokumenter di Netflix telah mengungkapkan rahasia di balik gatalnya lidah yang dirasakan dan cara untuk menghindarinya, agar Anda bisa memakan nanas lebih banyak lagi. Melansir dari laman Daily Mail, Jumat (9/3/2018), alasan lidah Anda menjadi gatal saat makan nanas, karena ada enzim yang terkandung dalam nanas, bernama bromelain.

 (Baca Juga: 5 Makanan Ampuh Hilangkan Bau Mulut Selepas Makan Bawang Putih)

Enzim bromelain ini mencerna protein di lidah saat Anda memakan nanas, lalu membuat lidah menjadi gatal. Nah, rahasianya agar enzim bromelain tersebut bisa kalah dan tidak menyebabkan gatal, Anda harus merendam nanas utuh di air garam sebelum memotongnya, baru kemudian memakan buah nanasnya.

Dalam film dokumenter berjudul Ugly Delicious, air garam dapat membuat enzim bromelain tidak efektif dan menghilangkan gatal pada lidah. Meskipun trik ini belum terbukti secara ilmiah, namun beberapa koki di forum masak meyakini cara tersebut bisa membuat lidah lebih nyaman daripada tidak merendam nanas sama sekali.

Masih dalam sumber yang sama, nanas merupakan buah satu-satunya yang mengandung bromelain, enzim yang mencerna protein dan memecah asam amino. Saat Anda memakan nanas, enzim ini juga akan mencerna protein di lidah.

  (Baca Juga: Seruput Thai Tea Enak di Jakarta, Ini 8 Rekomendasinya)

Kembali pada cara lainnya agar lidah terasa gatal saat memakan nanas, Anda bisa memadukan nanas dengan yogurt atau es krim, karena dengan cara seperti ini enzim bromelain bisa mencerna protein lainnya, bukan protein yang ada pada lidah. Bila Anda merasa malas untuk merendam nanas sebelum memakannya atau memadukan nanas dengan yogurt atau es krim, tenang saja gatal yang dirasakan lidah tidak akan menyebabkan kerusakan permanen, karena tubuh akan memastikan sel-sel yang rusak dalam mulut diregenerasi pada waktunya.

Namun, akan lebih baik jika merendam nanas dengan air garam terlebih dahulu, sebelum memakannya, supaya lidah Anda tidak gatal, dan bisa mendapatkan vitamin C, B, mangan, dan serat lebih nyaman lagi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini