nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarik Wisatawan Indonesia, Jepang Promosikan Spot Wisata yang Instagramable

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 18:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 09 406 1870429 tarik-wisatawan-indonesia-jepang-promosikan-spot-wisata-yang-instagramable-rA5pecFXSC.jpg Tokyo (Foto: Moneyinc)

DI tengah perkembangan industri pariwisata yang semakin menggeliat, Jepang menjadi salah satu dari sekian negara maju yang gencar mempromosikan potensi wisatanya kepada wisatawan Indonesia. Hal ini didasari dari sebuah data yang menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan Indonesia ke Negeri Sakura tersebut terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Pada tahun 2017 lalu, total kunjungan wisatawan Indonesia ke Jepang meningkat 30% atau sekitar 350.000 orang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, dalam 10 tahun terakhir tingkat kenaikannya mencapai 5 kali lipat dan diprediksi akan terus meningkat di tahun 2018 ini.

Melihat antusias wisatawan Indonesia yang begitu besar, salah satu perusahaan operator kereta bawah tanah asal Jepang, “Tokyo Metro”, meluncurkan sebuah program menarik bertajuk TokyoGenicTravel spot. Istilah ini digunakan untuk mengenalkan tempat-tempat umum, baru, dan yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan wisatawan maupun penduduk lokal.

Lokasinya mencakup spot-spot kuliner, fesyen, objek wisata, hingga toko oleh-oleh terbaik di Tokyo. Sesuai dengan nama programnya, seluruh spot wisata ini tentu telah dikemas sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang sangat cantik dan instagrammable.

Menariknya, peluncuran program TokyoGenicTravel Spot ini ternyata didasari oleh kebiasaan wisatawan Indonesia yang gemar mencari spot-spot cantik untuk diunggah ke media sosial. Hal tersebut dipaparkan langsung oleh Demand Creation & Marketing Departement dari Tokyo Metro, Yuuta Muroyama.

“Spot-spot yang diperkenalkan kali ini memang kemungkinan besar akan disukai oleh wisatawan Indonesia. Dan biasanya orang Indonesia akan mengupload momen liburan mereka ke sosial media, sehingga diharapkan akan dapat menarik perhatian wisatawan lainnya untuk berkunjung ke Jepang,” tutur Muroyama kepada awak media, di Fairmont Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (9/3/2018).

Muroyama menambahkan, pihak Tokyo Metro sendiri telah menyediakan promo tiket terusan yang terbagi menjadi tiga kategori. Untuk tiket 24 jam dapat dibeli seharga 800 yen atau setara dengan Rp103 ribu, tiket 48 jam seharga 1.200 yen (Rp , tiket 72 jam seharga 1.500 yen (Rp ). Sedangkan harga tiket untuk anak-anak akan dikenakan biaya separuh harga.

Melalui moda transportasi kereta bawah tanah ini, wisatawan dapat menjelajahi spot-spot TokyoGenicTravel tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Perlu diketahui bahwa tiket ini hanya dapat dibeli oleh wisatawan asing di Haneda International Airport dan Narita International Airport. Syaratnya Anda wajib menunjukkan paspor kepada para staf sebagai bukti pembelian.

“Dengan menggunakan Tokyo Metro, wisatawan bisa mengunjungi tempat-tempat TokyoGenicTravel dengan efeisien. Tidak hanya mencakup tempat yang tampak bagus di foto, tetapu juga area kuliner, fesyen yang trendi, dan juga toko oleh-oleh yang sedang populer,” tambahnya.

Sebagai gambaran, Okezone berhasil merangkum rute TokyoGenicTravel yang bisa Anda sambangi hanya dalam waktu dua hari saja. Berikut ulasan lengkapnya.

Hari pertama

1. Anda bisa menuju Meiji-Jingumae (Harajuku) untuk membeli topi khas jepang di CA4LA. Membeli aksesoris unik diPrincess one Spoon sambil berfoto di depan bangunannya yang mirip seperti sebuah castle. Lalu sempatkan pula untuk menyambangi Kuil Meiji Jingu yang terletak di pusat kawasan Harajuku.

2. Rute selanjutnya Anda bisa mengunjungi kawsan Otemachi untuk mengeskplorasi beberapa area menarik seperti Kamawanu (toko penjual handuk tangan tipis khas Jepang), Wadakura Fountain Park, mencicipi kelezatan olahan matcha bavarois di Kinozen.

3. Sebelum kembali ke hotel, jangan lupa mendatangi kawasan Shibuya untuk berfoto di Shibuya Crossing, mencicipi kuliner lezat di Parfaiteria bel dan Mazilu Ramen Sapi, atau membeli perlengkapan kecantikan di Makanai cosmetics.

Hari kedua

1. Memasuki hari kedua, Anda bisa menikmati olahan sushi unik nan lezat di Shari The Tokyo Sushi Bar. Setidaknya ada 20 jenis menu sushi yang bisa Anda cicipi, termasuk olahan sushi berwarna-warni yang menjadi menu andalan restoran tersebut. Restoran ini terletak di kawasan Ginza.

2. Setelah puas menikmati sushi, jangan lupa mampir ke Kyukyodo yang terletak tepat di seberang Stasiun Ginza. Tempat ini merupakan salah satu toko legendaris milik Jepang yang telah berdiri sejak 350 tahun silam. Di Kyukyodo, Anda akan menemukan berbagai jenis dupa, alat tulis, dan produk-produk washi (kertas khas Jepang).

3. Terakhir, jangan lupa menyambangi kawasan Asakusa untuk mempelajari kebudayaan tradisional Jepang di Kuil Sensoji. Bagi Anda yang memiliki hobi olahraga air, di kawasan Kayabacho juga terdapat objek wisata menarik yang menyediakan fasilitas kayaking untuk para wisatawan. Selamat berlibur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini