5 Penyebab Pria Mandul dan Sering Ejakulasi Dini

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 23:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 09 481 1870542 5-penyebab-pria-mandul-dan-sering-ejakulasi-dini-fqbb5kc1kA.jpg Ilustrasi (Foto: Besthealthmag)

GAYA hidup seorang laki-laki menentukan produksi sperma yang berkualitas. Sebab, pria harus menyumbang sperma untuk sel telur istri demi mendapatkan keturunan.

Bila seorang lelaki menjalani gaya hidup yang sehat akan menghasilkan air mani berkualitas. Sebaliknya, jika Anda seorang perokok dan suka minum alkohol, khawatirnya menurunkan kualitas sperma.

Sebenarnya, kualitas sperma sangat penting atau mungkin lebih dari kuantitasnya. Jika Anda memiliki banyak sperma tapi semuanya lemah dan tidak bergerak, maka mereka semua akan sia-sia ketika harus memupuk sel telur.

Namun sayang, lelaki modern banyak yang lupa dengan kebiasaan gaya hidup sehat. Akhirnya pria diklaim amandul dan susah 'bikin' anak.

Banyak sekali faktor ketidaksuburan mengganggu mereka. Jumlah sperma yang rendah membuat pasangan gagal punya anak, meski usia pernikahan cukup lama. Berikut adalah beberapa faktornya, dilansir Indiansutras, Jumat (9/3/2018)

Tidak jaga pola makan

Rata-rata, pria suka makanan instan dan tinggi lemak jenuh. Kaream mereka pekerja profesional yang sibuk menghabiskan waktunya di kantor. Hampir sebagian pria sibuk tidak memerhatikan kebugarannya dan gizinya yang harus dipenuhi.

Jarang olahraga

Pria yang kurang gemar olahraga juga tidak mampu menghasilkan sperma yang sehat. Wajar kalau tubuhnya gemuk dan lemak di tubuhnya menimbun. Akibatnya, produksi sperma juga menurun dan sulit membuahi sel telur. Untuk mengatasi, maka biasakan olahraga setiap hari atau minimal satu minggu sekali untuk membakar kalori.

Stres

Stres adalah akar dari hampir semua masalah kesehatan mental dan emosional. Ini sangat memengaruhi kondisi mental, juga bisa bikin produksi sperma menurun. Karenanya, jaga kondisi kesehatan fisik dan mental agar hidup selalu bahagia, serta mudah memancing kehamilan.

Obat-obatan

Hormon steroid yang diberikan dalam bentuk obat dapat memperlambat sperma, sehingga produksinya jadi tidak sehat. Jadi jika Anda telah diberi resep steroid mungkin Anda bisa menolaknya. Peka dengan resep dokter yang diberikan supaya tidak menimbulkan efek samping.

Merokok

Tembakau telah terbukti menjadi penyebab utama masalah infertilitas pria, serta kualitas motilitas sperma. Berdasarkan penelitian, merokok terus-menerus bisa memperburuk kualitas sperma, maka sulit membuahi sel telur dengan normal.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini